Akhirnya Servis Rem Depan Thunder 250 Setelah 8 Tahun Pakai, Pakem Lagi!

44

DSC_0015

Sobat MMBlog sekalian, kemarin laman MMBlog kosong euy gak ada artikel baru, maaf yak :mrgreen: . Soalnya seharian MMBlog diluar rumah, melipir ke Karisma Motor di Cinere buat servis rem depan Thunder yang kalipernya ngejepit disc terus biar kata remnya gak diteken. Udah gitu, remnya juga senin-kemis euy, alias dipencet hari senin motor baru berhenti hari kemis :mrgreen: , kebayang dong gimana ngeloyor bin gak pakemnya. Daripada bahaya, mending langsung bawa ke Bengkel Spesialisnya yang dikomandoi sama Koh Welly ini.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

DSC_0011
Thunder semuaaah

Nyampe di TKP gak taunya brother dari Jakarta Thunder Club lagi banyak yang kumpul, wah juoozz nih. Yawis, salam-salaman sik, langsung curcol ke Koh Welly kalau Thunder remnya udah kurang asik. Gak pake lama, langsung deh rem depan di eksekusi. Bongkar abis master dan kalipernya, bener aja masberoo, udah mulai timbul karat itu di bak master rem. FYI, ini baru pertama kalinya master rem depan Thunder di bongkar semenjakΒ  8 tahun nemenin MMBlog wara-wiri.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

DSC_0016
lagi ngeberesin thunder yang sil soknya bocor

MMBlog tanya, kenapa bisa ngunci dan gak pakem, Koh Welly menjawab β€œsil-nya ini mah, sekalian seris ama ganti minyak rem aje ye”. Sip deh, yang penting remnya pakem lagi. Bongkar sana, bongkar sini, proses ngebersihin rem ini ternyata menggunakan air biasa, gak pake bensin, beda sama ngebersihin mesin atau karbu. Dan emang temen-temen, udah kotor amat itu master beserta kalipernya. Gak pake lama, tangan cekatan Koh Welly dan sahabatnya udah beres aja nyerpis rem depan, sampe-sampe MMBlog lupa fotoin, wkwkwkkw, karena keasyikan juga ngobrol sama brother Thunder rider yang lagi nongkrong di sana.

DSC_0012

Mumpung lagi di Karisma Motor juga, sekalian dah Thunder di tune-up,Β  tenaganya juga makin lemes belakangan ini. Karena MMBlog baru aja ganti oli di rumah, jadi hanya bongkar dan bersihin karbu, bersihin filter, dan setel klep. Cepet aja dah bongkar dan bersihin karbu, kemudian bongkar filter udara, njebule udah brudulan busa filternya, gak pake lama. GANTI! Terus Setel klep, maklum motor lawas, xixixi, klep sering longgar sendiri karena pemakaian. Lagi-lagi tiap prosesi MMBlog lupa njepret :mrgreen: .

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

DSC_0017
fast dan low moving semua ada

Beres semuanya, akhirnya Thunder di nyalain. Gak pake ribet, sekali teken tombol stater, mesin 250, SOHC, 4 klep, TSCC-nya itu langsung idup. Jiaaahh, jadi alus lagi :mrgreen: , biasanya kemarin-kemarin bagitu dinyalain langsung deh ada suara berisik khas suara mesin jahit dari mesin Thunder :mrgreen: , mungkin karena klepnya yang longgar. Kata Koh Welly, klep Out-nya emang lebih renggang dari semestinya, oleh karena itu disetel.

Terus gimana biayanya? Nih berikut rinciannya

Servis Rem + TuneUp : Rp 100.000

Ganti Sil Master : Rp 70.000

Ganti Busa Filter : Rp 60.000

Total : Rp 230.000

Gak mahal-mahal amat kok, lumayan murah malah buat rekondisi beberapa part motor yang udah 8 tahun pakai. Terus gimana setelah dipakai? Apakah ada beda? Tentuuuuu, remnya jadi jauuuhh lebih pakem, ya kayak baru daah, MMBlog jadi semakin berani buat ngerem deket alias late braking. Tuasnya juga semakin empuk dan membal, juoozz. Yang ajib juga performanya, setelah kemarin lemes tak berdaya, sekarang kok bisa ngacir dan laju beneeerrr. Hmm, berarti emang serpis itu perlu banget masbro. Apalagi juga filter baru, dan baru disetel juga klep dan karbunya, ngaciiirrrrrr, jadi gemen pengen bawa touring lagi nih.

DSC_0013 DSC_0014

Oke deh, jika temen-temen punya keluhan seputar Thunder 250, temen-temen langsung aja melipir ke bengkelnya Koh Welly, Karisma Motor di Jalan Cinere Raya No 17 C, Depok. Disana part-part semuanya kumplit-plit-plit! Gak hanya Thunder, Inazumapun banyak yang dirawat dimari! Selain part, hati-hati juga, banyak banget racuuunn :mrgreen: . selain itu, siap-siap ngakak juga, karena brother Thunder rider yang suka kumpul disana pada bocor-bocor dan seneng ndagelan, xixixi, pokoknya udah kayak keluarga dah. Oia, kalau di jalanan temen-temen jarang ngelihat Thunder 250, maka jangan heran kalau ke bengkel ini, semua yang dateng malah Thunder 250, yups, jadi peternakan Thunder dah πŸ˜€

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

DSC_0023
udah siap ngaciiirrrrrr

Oke deh, semoga berguna ya. Intinya sih MMBlog mau ngingetin ke diri MMBlog pribadi dan ketemen-temen, kalau motor tunggangan kita udah mulai ada yang aneh, kayak rem gak pakem, mesin berisik, dll, langsung bawa ke ahlinya untuk di check-up dan benerin. Terlebih rem, vital banget euy!

Salam Satu Aspal![/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

44 COMMENTS

    • udah sih mas Vandra, tapi masih ada yg kurang supaya mirip banget “stock”. kurang cover rantai sama footstep ori belakang.. tp overall temen ane bilang mulus sih kaya standar.. klo minat saya kirim gambarnya hehe

      total biaya restorasi 3.5an. beli motornya sendiri cuma 2.8 -__- tapi seneng banget punya thunder lagi hahaha

  1. Pengen ganti sebenernya ni motor cuma apa boleh buat gak ada yang cocok dikelasnya, diluar sana banyak motor kenceng cuma ngeden..beda ama ini lagi santai aja ngelewatin motor mlulu apalagi dibejek, udah sering banget brenti dilampumerah ditabrak dari blakang ternyata banyak yg ngejer, bener banget semboyan intrudernya nyelap nyelip enak banget santai tanpa ngeden..ini baru motor..TSCC is da best!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here