Life Cycle Atau Umur Sepeda Motor, Berapa Lama Sih?

37

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

DSC_07223
Thunder 250 MMBlog, hampir 9 tahun, 0-130 ECEESSSS

Sobat MMBlog sekalian, menarik jika mendengar pertanyaan “umur atau life cycle motor tuh sebenernya berapa lama sih??”. Ada yang menjawab 5 tahun, 7 tahun, 10 tahun dsb. Ada juga yang bilang umur tergantung dengan keberadaan sparepart yang disediakan oleh pabrikan. Semua jawaban di atas gak ada yang salah, tapi MMBlog mau mengutarakan opini pribadi MMBlog sebagai user motor yang umurnya udah hampir 9 tahun.

Terus apa jawaban MMBlog jika diberikan pertanyaan seperti itu. Dengan singkat dan padat, MMBlog bakal ngejawab “Life cycle atau umur motor itu, sama kayak life cycle atau umur keinginan loe ngurus itu motor, dan gimana loe memperlakukan motor itu”. Jika durasi atau keinginan ngurusin motornya singkat maka siap-siap aja umur itu motor bakal singkat. Bentar-bentar bosen, ganti oli tiap 8000 kilometer, rante jarang dilumasin, ya otomatis juga umur itu motor bisa gak lama. Tapi kalau rajin, ngurus motor kayak ngurus ingon-ingon, alamat panjang deh umurnya. Dan satu lagi, motor gak usah diapa-apain atau di aneh-anehin!

Terus yang kedua, gimana cara loe memperlakukan motor itu. MMBlog kasih contoh sederhana. Verde (ER6n Om Leo) dan Si Merah adalah dua motor yang sama. kilometernya tapi beda 5000 km. Si Merah kilometernya baru 12000 dan Verde 17000. Nah, beberapa bulan yang lalu, Om Leo udah ganti brake pad alias kampas rem (ada di artikelnya, mungkin kilometernya masih beti sama si Merah), sedangkan si Merah, Kampas remnya masih tuebbeeelll :mrgreen: .

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

thunder
waktu touring ciwidey, bersama sahabat lawasnya

Kenapa bisa gitu? Menurut MMBlog sih karena style berkendara. Jika ngelihat dari hobi dan basic Om Leo sebagai Speed Rider, bukan gak mungkin beliau demen untuk late braking yang memang, kinerja rem akan sangat terforsir. Lah, MMBlog?? Slow Rider Cyiiinnnn 😆 . Paling bawa dalem kota 80 km/jam, ngerem dari jauh, komposisi rem depan/belakang 50:50, dibantu engine break pulaa :mrgreen: . Ya pasti lebih awet. Contoh lain adalah Thunder milik teman kuliah MMBlog dulu, motornya sama persis kayak Thunder MMBlog, tahun 2005, tapi pas tahun 2009, discbrakenya udah ganti :mrgreen: . Maklum, selain rider Thunder 250,  Doi juga rider NSR 150, motor dua tak dahsyat, yang engine breaknya ngeloyor.

Hmm, dari cerita dan fakta itu, gak berlebihan kalau MMBlog bilang, umur motor akan berbanding lurus dengan keseriusan pemiliknya ngurus dan memperlakukan motornya. Selama miara Thunder yang umurnya hampir satu dasawarsa, MMBlog selalu memperlakukannya dengan sangat baik. Ganti Oli tiap 1500-2500 km, ganti filter, ganti busi, service, terbukti sampai sekarang dari 0-130 km/jam on GPS aja mah ECEESSSS :mrgreen: , bongkar headpun baru sekali pas kilometer 35.000. Keluhan? bukan gak ada, tapi dengan keinginan dan niat serta ikhlas, semuanya beres. Paling matot pas sepul gosong :mrgreen: .

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Me & My Bike
foto tahun 2006

Kendala sparepart yang mulai langka, lagi-lagi bagaimana keseriusan ridernya. Kalau saja ada niat, usaha, dan tentu rasa ikhlas, ketersediaan sparepart yang nihil di bengkel resmi, akan ditemukan di tempat lain. Harga mahal? ah enggak juga, biasanya sih ada aja kanibalannya, hehe. Kualitas kanibal jelek? siapa bilang? itu keran bensin Thunder yang di tangki loakan pake punya RX-King bagus-bagus aja, wkwkwk :mrgreen: . Emang, biasanya pabrikan bakal nyetop order sparepart beberapa tahun setelah motornya disuntik mati, tapi yang order kan bengkel spesialis, so lengkap dah 😀 .

Mungin temen-temen juga ada pengalaman serupa? monggo di share di kolom komentar. Motor lawas, kalau dirawat pake hati umurnya ya seumur hati kita juga euy :mrgreen:[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

37 COMMENTS

  1. Kalo dari sudut pandang produsen sih lifecycle produk otomotif itu umumnya sih 5 tahun dengan situasi persaingan yg sehat. Kalo terlalu pendek selain menyebabkan biaya riset yg membebgkak, konsumen jg merasa tercederai. Br beli bntar udah ada yg baru..
    tp tergantung situasi pasar. Kalo minim kompetitor yg dianggap saingan berat sih bisa” sampe 10th. Contohnya inova yg sudah lbh dr 10th blm ada perubahan..
    Kalo dr segi konsumennya sudah bro jelaskan secara panjang lebar..

  2. Tigerku 2004 sampe saiki masih jozz (lagi jozz aja, biasanya moody 🙂 ) dalam seminggu sekali motor diajak teriak 120kpj…. motor juga dianeh2hin ga karuan tapi masih survive… wkkqkwq….

  3. Kalo pertanyaan itu ada dinegara maju, maka ane bisa jawab. 10tahun…. Amerikan n inggris. Cmiiw
    Diluar itu maka akan disebut kendaraan antik dengan syarat2 yg luar biasa berat, dan pajak yang tinggi….

  4. Tp kalo secara personal ane jawab 5 tahun untuk motor, dan 15tahun untuk mobil, (jarang dipake)
    Wajib ganti
    Ane bukan orang yg suka memorabilia selain foto…. Apapun kenangannya….

  5. Biasanya… makin lama motor kita pakai.. maka makin panjang sejarahnya itu motor..
    Ibarat kata ga sampe hati buat ngejualnya.
    bayangin aja….punya motor sampe belasan tahun.
    mungkin bisa jadi ada memori-memori waktu masih PeDeKaTe sama si Istri,pacaran, atau juga bisa inget kenakalan waktu bonceng selingkuhan….
    yaa..who knows,,
    😀

  6. tergantung regulasi pemerintah juga Um Vandra, boleh gak jenis motor itu beredar
    dulu saya piara Suzy RC100 lungsuran Bokap, piara dari masih bujang ampe punya anak hehehe total 12 taun
    dan akhirnya harus dijual karena heboh soal wacana pelarangan motor 2 tak di jalan protokol akhire ganti Smash tromol

  7. hmmm…., setuju ane…,
    “Life cycle atau umur motor itu, sama kayak life cycle atau umur keinginan loe ngurus itu motor, dan gimana loe memperlakukan motor itu”

    granny 95 dirumah masi enak aja dipakai buat rutinitas sehari hari. Sebulan sekali masuk AHASS buat service-ganti Oli. Nyalainnya aja nga boleh digas…, tekan stater-nyala.

    Masi sayang sama ni motor walau kuping ini pegel ngedenger orang komen “motor ini kok masi aja di pakai, ganti sama yang baru dong”

    di parkiran kadang ada yang negor…., motornya tahun berapa mas, motor baru mana ada, hehehe.

    kalau Dijalan aja banyak yang nga ikhlas kl ane salip, lumayanlah jadi ada teman di jalan. cuma kl ketemu lampu merah mereka suka ninggalin ane….,

    nga modif aneh-aneh cuma pakai knalpot double C (mau ganti ori udah nga yang jual) sama upgrade Pengapian aja.

    Makin sayang sama granny pas rumah dibobol maling motor. Yang Di incar pulsar yang parkir disebelahnya (walau gagal karena nga bisa nyala), padahal granny kuncinya nempel di kontak.

  8. bener juga itu intinya bagaimana kita pakainya aja tu kendaraan.. saya pernah punya jupe mx ga lama” amat sih 6 tahun doank pernah sekali kecelakaan dipakai adik saya tapi hanya ganti bodi depan nya aja selebihnya masih asli bahkan mesin masih bagus ga pernah bongkar” larinya masih anteng soalnya saya pke pertamax terus n olinya sebulan sekali ganti pke enduro.. paling” klo dibongkar mesin nya waktu ganti seal oli aja karna faktor usia jadi oli udh merembes keluar sama waktu ganti air radiator, tau aja kan gimana mx motor bebek paling ribet dibongkar sampe” mekanik bilang berasa bongkar moge karna banyak baut nya utk lepasin bodi doank hahaha.. tapi sudah saya jual si jupe mx ganti pke matic utk harian aja bro lebih santai hehe

  9. motor gw udah 46 tahun masih nyala aja.
    yang satunya udah 33 tahun juga sama.
    hampir tiap hari gw pake kerja…
    mejus..? ya kadang2 aja… nggak sering2 amat…
    hehehe….
    btw…
    “Life cycle atau umur motor itu, sama kayak life cycle atau umur keinginan loe ngurus itu motor, dan gimana loe memperlakukan motor itu”. –> NICE WORDS

  10. Motor saya GL 100 tahun 80.. bore up dikit, tiap hari masih diajak diajak jalan minimal 80 km.. 120 km/jam on spedo masih enteng aja..

  11. klo motor hanya dinaiki saja yach cepat rusak ya om, merawat motor itu butuh passion, passion yg menganggap motor kita adalah sahabat, seseorang dan bukan hanya benda mati…

  12. Salam semua, saya punya motor supra fit 2003. sudah jalan mendekati 400.000 km menurut odometer spura fit saya (angka km di odometer sudah balik ke angka “0” sebanyak 3 kali). Tiap hari kerja keliling bawa beban 200Kg termasuk driver. H3x, sudah nggak keitung ganti shock bolak balik. kondisi tidak kalah dengan motor baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here