Test Ride Triumph Tiger 800 XC, Nyaman Ala Motor Adventure, Responsif Ala Sportbike!

23

DSC_2248

Sobat MMBlog sekalian, lagi-lagi nih, kebiasaan jelek MMBlog, kalau artikel test ride motor yang bikin galau, rilisnya belakangan, wkwkwk 😆 . Yap, kali ini MMBlog pengen sharing pengalaman test ride moge adventure dari Triumph yang belakangan ini baru resmi launching, Triumph Tiger 800XC. Oia, sebelumnya MMBlog udah pernah bikin mega gallery dan detailnya, biar makin afdhol, MMBlog lengkapin sekarang sama test ride, oke lanjooottt!

Baca juga : Gallery Triumph Tiger 800 XC

Ergonomi

DSC_2243

Pertama bahas Ergonomi dulu, penting nih, secara motor adventure begini, pasti menarik karena kadang suka gak bersahabat tinggi joknya sama beberapa rider Indonesia 😆 . Setelah impresi ngelihat motor ini pertama kali, Jujur aja, MMBlog rada ngeri-ngeri juga mau test ride. Ngebandingin tinggi jok sama pinggang kok ya tingginya sepantaran, terus jinjitnya kayak gimana nih??!! Galau, motor udeh di depan mata, tapi gak jajalin, kayaknya kentang bener :mrgreen: , Bodo amat, nekat aja deh, langsung tunggangin ………….

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

DSC_2241
tampak kiri

Seperti biasa, MMBlog naik dari sebelah kiri motor. Kaki kanan naik dan ngangkangin, wkwkwk, mau duduk di joknya aja susah :mrgreen: , maklum punya kaki pendek 😛 . Sip, setelah berhasil ngedudukin dengan posisi standar masih terpasang, MMBlog coba tegakin…. Hmmmmfff… Hmmmmfff, jiaah, kok kagak bisa-bisa :mrgreen: . Oia, soalnya MMBlog naik masih di garasi yang permukaannya sedikit nanjak 😆 . Oke deh, motornya di keluarin dulu, pas dijalan datar coba tegakin lagi… Eaaa, akhirnya bisa :mrgreen: , ternyata cara negakinnya lebih ke dorongan kepada setang ke arah kanan, kalau dengan dorongan kaki, niscaya susah bener.

jinjit1 DSC_2261

 

Lihat Foto Diatas, 😆

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

jinjit
Om Kobay di Hyperstrada

Terus bener dugaan MMBlog, MMBlog yang speknya 167 cm ini, jinjit sejinjit-jinjitnya, xixixi. Padahal MMBlog udah pakai sepatu TCX X-Ville, yang lumayan ngebantu kalau riding pake motor yang rada tinggi :mrgreen: , ternyata masih belum cukup membantu jika tinggi joknya sentuh 86 cm. kalau kaki dua-duanya turun, temen-temen bisa lihat difoto, bener-bener ujung sepatu doang euy, kalau hanya satu kaki, masih bisa jinjit setengah :mrgreen: . rada ngeri juga nih kalau kena macet di tanjakan, wkwkwk, tapi menantang euy 😀 .

DSC_2247

Oia, ergonominya sendiri, ini motor nyaman bangeetttt, maknyuusssss. Setangnya lebar dan tinggi, sehingga posisi berkendara otomatis bakalan tegap. Posisi footpeg sedikit lebih maju dari jok, sehingga kaki dibuat lebih rileks, selain itu juga joknya juga lebar. MMBlog yang Indonesia banget ini merasa nge-blend sama motor. dari impresi ini dapat ditarik hipotesa sementara bahwa ergonomi ini punya fitur anti pegal, juoozz. Riding lama-lama juga enak nih, santai, rileks, tanpa sama sekali mengurangi kesigapan berkendara. Oia, mustahil bagi MMBlog untuk mendorongnya ketika di dudukin, xixixi.

Performa

DSC_2249

Oke, setelah ngerasa enak dan posisi udah PAS, langsung MMBlog puter kunci kontak ke Posisi ON. Biarkan dulu indikator semuanya nyala, setelah itu, tarik tuas kopling dan tekan tombol stater, langsung deh motor Asal Inggris ini menyalak, Wuuuunngg.. Wuuunnggg!!! Wuih, suaranya mesin tiga silindernya merdu juga yak, beda nih sama tiga silindernya MV Agusta, Triumph lebih halus. Disertai dengan suara nguiiinnggg-nguiiinng yang khas, bener-bener jadi trade-mark dari motor ini.

DSC_2264 DSC_2263

SIP, tarik kopling, masukin gigi 1, “JDEK”, masih oke lah suara asyncronious koplingnya :D. Lepas kopling, dan Macan pun melaju perlahan. WAH, diluar dugaan, ini motor ternyata smooth banget! Diajak jalan pelan, sama sekali gak ada gejalan “dredekan”, melaju di kecepatan 20 km/jam dapat dilakukan dengan tenang, serta suara “nguiiiinnggg” nya senantiasa mengiringi. Wuih, emang asyik nih. Oke, setelah berputar-putar dengan gigi 1 dengan kecepatan rendah karena kudu adaptasi dulu sama throttlenya, baru deh MMBlog berani pelitir gasnya lebih dalam dan pindah gigi. “Nguooonggg”, wuidiiihhh, gokiieeellll!!! Enak banget tenaganya, ngisi teruuusss, udah kayak motor dua silinder yang torqy tenaga bawahnya, tapi herannya sampe RPM yang tinggi, tenaganya gak ada loss dan dropnya! Juooozzz. Untuk melaju dari gigi 1 ke kecepatan 70 km/jam dapat dilakukan dengan amat-amat sangat mudah temen-temen, mesinnya pun masih rileks, gak ada getaran. Sebagai referensi, ER6n gigi satu dapat mencapai 80 km/jam di red line, dan udah teriak banget. Si Tiger disinyalir bisa lebih dari itu!

DSC_2260

Coba pindah gigi, “cklik”, ajiiibb, empuk dan mudah banget. Udah gitu juga ini motor koplingnya empuukk, padahal masih pakai kabel loh, muantaaappp! Abis pindah gigi, tenaga motor berasa ngisi lagi, gilem bikin gemeesss. Oia, MMBlog pernah berenti di gigi 2, dan coba jalan dari gigi 2, ternyata dapat melaju tanpa deredekan dan mulus saja :mrgreen: , emang torsinya mantaaapp! Wah, entah berapa kali MMBlog riding muter-muterin komplek Pesona Kayangan Depok, yang jelas, enak banget daahh, power deliverynya yang siap diajak slow maupun responsif, windshield yang tinggi anti masuk angin, suara yang unik, bikin MMBlog jadi males buat turun dari joknya :mrgreen: . gak berlebihan jika MMBlog katakan bahwa ini motor performanya gak kalah sama sportbike, tiga silindernya itu unik banget loh, dari tarikan bawah hingga atas semuanya ngisi!

DSC_2267

Handling dan Suspensi

DSC_2255

Ini juga menarik nih, awalnya MMBlog sangka ini motor bakalan susah diajak belok dan manuver, tapi semua itu salah! Selama riding, MMBlog coba untuk zig-zag dan manuver, jiaahhh, kenapa enteng  begini :mrgreen: . udah gitu antep pula, sama sekali gak ngerepotin, terlebih MMBlog udah keseringan bawa ER6n yang handling juga rada-rada tricky, jadi bawa Tiger sama sekali gak ada kesulitan untuk ngajak dia menari. Sempet nikung cepet di kecepatan 60-70 km/jam, dapat dilakukan dengan eceesss dan sama sekali gak ada koreksi! Padahal ukuran pelek depannya gede loh, gokil ini motor adventure! Coba muter balik U-Turn tanpa turun kaki (sok kepedean), jiaahh, gak taunya bisa dan radius putarnya juga kecil, ajaib emang ini motor! Jempol buat handlingnya, ini motor kayaknya kalau peleknya dibuat ala supermotor bakalan lincah banget nih!

DSC_2254 DSC_2262

Suspensinya juga! Sesuai dugaan temen-temen! Suspensinya dapat meredam getaran dengan luar biasa! Coba jalan kenceng di jalanan yang agak rusak becek, walah-walah, gak berasa euy guncangannya, bunyinya “dlep, dlep, dlep” aja 😆 . entah ini disetel apa suspensinya, tapi kayaknya sih setelan standar pabrik. Kalau begini sih, bener-bener gak perlu takut nerjang lubang ataupun jalanan gradakan, dijamin anti mulas! Untuk jalanan lurus, ya apalagi, nyaman POOLLL!!! MMBlog juga sempet boncengin soulmate MMBlog dan nerjang jalanan rusak, kata dia juga enak aja jadi boncenger gak geradakan, walaupun dia bilang, joknya  masih lebih keras dari jok ER6n.

Pengereman

Wislah, motor dengan performa yang ciamik begini, pasti juga piranti pengeremannya oke punya. Cukup dengan menekan tuas rem depannya dengan satu jari saja, motor ini sudah berdeselerasi. Double disc di roda depannya sudah bisa dengan baik menghentikan laju motor. Oia, ini motor rem belakangnya udah ABS, tapi uniknya ABSnya bisa di non-aktifkan, juoozzz. Oia, rasanya pas ngerem mendadak, badan bener-bener enak deh, beda sama ngerem dengan supersport atau superbike yang mana badan beneran kedorong ke depan karena G-Force dalam posisi bungkuk, nah dengan badan tegap gini, badan jadi kerasa gak terlalu kedorong ke depan temen-temen! Gilee, jadi tambah gemeess, wkwkwkwk 😆

Oke deh, jika MMBlog boleh menarik kesimpulan, Triumph Tiger 800 XC ini adalah motor enduro adventure middleweight yang menawarkan berbagai macam keunggulan. Performanya mantap, kenyamanan jangan ditanya, handling mumpuni, desain bengis berkarakter, suara knalpot yang merdu, dan mudah jika dikendarai. Motor segala medan, memiliki komposisi 50:50 baik untuk penggunaan jalan aspal maupun jalanan off-road! Nah, kekurangannya hanya satu nih, untuk motor standarnya tinggi joknya ituloh, xixixi, agak bikin repot rider yang tingginya dibawah 170 cm. Tapi yang MMBLog tahu, di Triumph itu ada paket Built Your Bike, yang mana bisa mengcustom motor-motornya agar bener-bener sesuai dengan ridernya. Juoosss. Jika temen-temen berminat, bisa langsung pesen aja di dealer Triumph, harganya kalau gak salah sih tembus 400 jutaan lebih deh, xixixixixi :mrgreen: .

Oke deh, semoga bermanfaat dan berguna ya. Triumph Tiger 800 XC??? Ini idaman para Adventure Holic! Rencananya sih kalau MMBlog kopdar lagi sama Om Ruby sang empunya Tiger 800 ini, MMBlog mau izin test ride yang Tiger 1200 :mrgreen: . soalnya beliau juga punya, mantaappp!!!!!!!

Sebenernya ada videonya nih, pas mesinnya di idupin, nanti deh MMBlog edit dulu 😀

 

 [/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

23 COMMENTS

  1. woh pesona khayangan tah kang? btw nitip nanya, sudut rakenya kalo dibandingin ama er6n besaran mana yah kang? ane curiga sudut rake tiger agak kecil makanya lincah manuvernyah

  2. mungkin klo naik motor tinggi gtu slama +- 7 thun bsa bikin panjang kaki, karna jinjit trosss setiap harinya.. tanya aja sma mbah charles darwin ..

  3. Built your bike, kayanya asik nih.
    Btw, joknya lebar mana sama vario 125,
    soalnya ini motor lokal yg paling bikin bikin jinjit meskipun tinggi ane 175cm.
    Jika masih lebar vario 125 brarti triumph tiger masih enak dipake 175cm kbawah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here