Kawasaki EN650, Succesor EN500, (Kayaknya) Moge Pertama Buatan KMI Nih!?

16

 

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

mantan motor
Kawasaki BN175 aka Eliminator 175

Sobat MMBlog sekalian, dari warungnya Wak Haji Taufik, MMBlog mendapatkan informasi dari artikel terbarunya yang ngebahas mengenai penampakan Kode Motor Baru Kawasaki Motor Indonesia di situs TPT. Itu motor kodenya EN650B, wis, untuk tafsir kodifikasi Wak Haji udah mendapatkan gelar S3 dalam disiplin ilmu ini. Tapi gara-gara ada angka 650-nya itu, MMBlog jadi ikutan tergelitik, xixixi 😆 . maklum, hingga kini masih jadi rider ER6n yang kubikasinya 650 CC :mrgreen: . Terus MMBlog mau bahas apa? Mau bahas bentuk, sama sinyalemen kalau ini adalah moge pertama yang dibuat sama KMI,oke deh lanjuutt.

Secara bentuk dan mesinnya, MMBlog sependapat dengan Wak Haji, bahwa ini motor akan mengusung tipe cruiser. Huruf “N” yang merupakan huruf kedua dari kode “EN” mengindikasikan bahwa ini adalah motor cruiser/chooper. Kenapa MMBlog bisa begitu yakin? Dulu MMBlog soalnya punya Kawasaki Eliminator 175 yang punya kode “BN175”, bisa temen-temen lihat screencapture dari lantai TPT yang MMBlog lampirkan dibawah. Bener kaya Wak Haji, huruf “B” mengindikasikan bahwa motor yang bersangkutan menggunakan satu silinder, “N” adalah cruiser, dan 175 adalah CC-nya. Klop lah jadi Kawasaki Eliminator 175.

kwsk

Terus EN650 ini bisa jadi agak unik juga nih. Motor cruiser (dari huruf “N”) dengan dua silinder segaris (dari huruf “E”), menggunakan mesin ER6 series yang dua silinder DOHC? Hmm, cadas juga jadinya nih. Coba-coba browsing, gak taunya Kawasaki udah punya varian EN500. Sebuah motor crusier, 500 CC, dua silinder inline, dan mesinnya dicomot dari mesin Ninja 500 R. Ini motor diproduksi dari tahun 1990-2009. Nah, logis kan jika penerusnya menggunakan mesin ER6 series yang 650 CC? Enteh gimana bentuknya, apa bener-bener classic cruiser yang bentuknya panjang dengan rake centang, atau kayak harley sportster yang cruiser sporty? Entahlah, masih burem euy, tapi bagusnya sih cruiser moderen nan sporty kalau bagi MMBlog pribadi.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

kawasaki-vulcan-500-silver-2
Kawasaki EN500/Vulcan 500

Terus yang terakhir, kok bisa-bisanya MMBlog bilang kalau ini motor bakal diproduksi sama KMI? Ini sih masih dalam tahap kemungkinan aja, soalnya dari kode terakhir huruf “B” ini adalah varian kedua/generasi kedua yang diproduksi. Jadi MMBlog ngambil hipotesa mentah bahwa ini motor mungkin adalah line up moge pertama dari KMI. Terus gimana dengan ZR800B? Itu huruf belakangnya “B” tapi masih impor dari Thailand? Iya sih, tapi desas desus motornya udah santer duluan, bahkan motornya juga udah launching di Thailand dan Eropa. Lah ini, EN650 infonya baru dari blog wak haji dan situs TPT indonesia. Bicara kemungkinan, segalanya mungkin aja sih, buktinya KMI bisa bikin BR250 dan BX250 (RR Mono & 250 SL) yang mesinnya pake mesin KLX250 yang mana KLX250 juga masih impor. Sekarang jualan moge-moge entry level harus menggunakan strategi jitu, soalnya PPNBM makin mengekerek harganya, mungkin dengan diproduksi lokal, harganya bisa jadi lebih “kompetitif”. Lagipula, bikin motor cruiser juga kayaknya simpel, sasis diamond biasa, pelek jari-jari malah klop, lampu bulat-bunder juga udah cukup. Panel body gak banyak dan gak heboh, patut dicoba lah nih sama KMI. Lebih bagus jika KMI juga bisa ekspor Moge ketimbang impor moge aja.

2008-Kawasaki-Vulcan500LTDd 2008-Kawasaki-Vulcan500LTDc

Oke dah, ini semua hanya opini dan analisa MMBlog semata ya. bener atau enggaknya MMBlog gak tau, tinggal nungguin aja update dari situs TPT. Kalau notifikasinya impor, berarti MMBlog salah, xixixi. Tapi kalau notifnya diproduksi, berarti siap-siap ada moge cruiser dengan harga “ekonomis”. Hmm, jadi kangan posisi sit in pas riding bareng Eliminator euy, motor dengan fitur anti pegaaaallll 😀 . oke deh, gimana menurut teman-teman semua?[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

16 COMMENTS

  1. “Lagipula, bikin motor cruiser juga kayaknya
    simpel, sasis diamond biasa, pelek jari-jari malah klop, lampu
    bulat-bunder juga udah cukup”

    maaf kang, sy kurang setuju dgn statement yg ini
    semakin simple design maka semakin detail pekerjaan nya. dan akan semakin sulit dalam proses pengerjaan nya.

  2. kalau mesinnya tidak v-engine tidak perlu dibeli (podowae tampangnya dengan Suzuki GZ250 yang mondok digarasi dari tahun 2003 lalu… yah 11-12 lah… tampangnya kalau tidak v-engine)

    BTW kalau bukan v-engine, bukankah namanya kawasaki Eliminator? spt kawasaki Eliminator 400CC – 4seher inline/segaris?

    CmiiW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here