Bertemu Dengan Harley Davidson Sportster, “Mungil”, Slim, Sepertinya Nyaman Untuk Harian!

26

untitled-12

Sobat MMBlog sekalian, bicara sepeda motor Harley Davidson, tentu yang ada dibenak kita adalah sesosok sepeda motor yang besar, berat, dan klasik. Memang betul demikian, kebanyakan Harley Davidson yang diekspos adalah Harley dengan tipe Electra Glide, Roadking, Fatboy, yang emang pada guede-guede dan panjang semua. Pernah denger dan baca-baca di berbagai literature, bahkan di blog sahabat, ternyata ada Harley Davidson yang secara ukuran relatif mungil, namanya Harley Davidson Sportster. Kebetulan, di parkiran sebuah gedung perkantoran di bilangan Kemang, terparkir satu unit HD Sportster berwarna hitam legam.

2011-harley-davidson-sportster-1200-low-xl1200l

Sebelumnya MMBlog berpikiran bahwa ini adalah motor Victory Judge. Tapi kok masa iya Victory yang notabene motor muda di Indonesia udah dibiarin nge-jogrog aja diparkiran gini? Udah gitu berdebu pula, sayang euy L . Usut punya usut, setelah browsing sana sini, diketahuilah bahwa itu adalah Sportster. Sebagai mantan rider motor cruiser, tentu MMBlog penasaran dan pengen lebih dekat lagi sama itu motor. Setelah minta izin sama Pak Satpam yang ada di pos, pas disamping itu motor, MMBlog coba jepret dan dudukin. Bagaimana ergonominya?

untitled-16

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

 

Wuaa, ini motor nyaman banget euy. Posisi duduknya sit-in, persis dengan apa yang MMBlog ekspektasikan! Posisi setang yang tinggi dan lebar, membuat bahu, punggung, serta pinggang berasa rileks bin santai! Udah gitu, joknya juga pendek banget lagi. Dari ergonominya, MMBlog berasa In the Bike ketimbang On the Bike, berasa di dalam motor gitu, nyeesss. Ditambah dengan posisi fotstep yang agak kedepan, posisi duduk jadi makin santai. Terus coba untuk ngelurusin setang, Hmmmffhhh! Berat juga yak, xixixii :mrgreen: . Terus coba remas-remas tuas koplingnya, hmm, untuk ukuran Harley mah ini masuk ke dalam kategori empuk. Pernah remas tuas kopling Harley Police, et dah keras bener, udah gitu tuasnya juga gede, khusus bule banget kayaknya.

untitled-11
mungil juga ya

Yang menarik lainnya adalah ukurannya. HD Sportster ini ukurannya emang lumayan imut. Coba temen-temen lihat foto MMBlog pas nunggangin itu motor. Dengan tinggi 167 cm dan berat badan 70 Kg, itu sporster keliatan kecil ya. Jika saja mesin V-Engine-nya tidak sebesar itu, mungkin banyak yang nyangka ini mocin :mrgreen: . tapi suer, V-Enginenya mantap banget brooo, gede, kekar, belum lagi kisi-kisinya, artistik! Oia, ini motor discbrake belakang posisinya di sebelah kiri, dan belt-nya disebelah kanan, beda ya sama motor-motor Jepang.

untitled-18
lampu bulat kecil minimalis
untitled-10
😯

Memang, jika diperhatikan, sportster adalah salah satu tipe Harley-Davidson yang emang friendly user. Ukurannya yang relatif kecil, joknya yang pendek, dan bobotnya yang lebih ringan ketimbang HD tipe lain membuatnya disukai sama rider motorsport, ataupun orang yang baru belajar naek HD. Bahkan di negara asalnya, Sportster banyak dipake sama kaum Hawa.

Okelah, semoga berguna ya[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

26 COMMENTS

  1. ini yang 883 atau yang 1200? kayak 883. pernah duduk di yang 1200 sportster forty eight, enak banget enteng.. cuma motor2 begini mah ground clearance aja.. jalan mulus only.. jalan rusak ribet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here