Aeon My 125/150, Retro Minibike Yang Kece!

32

 

frontolateral (1)

Sobat MMBlog sekalian, masih ada kaitannya nih dengan artikel motor mini yang MMBlog buat kemarin, mungkin merek motor Aeon masih agak asing di telinga. Bahkan buat MMBlog sendiri, merek ini asing banget. Sampai suatu ketika, saat ada event otomotif dan alat berat di kemayoran, MMBlog bertemua dengan satu unit sepeda motor yang membuat MMBlog penasaran dan takjub. Sebuah motor dengan model retro, bertubuh mungil bermerek Aeon, dengan tipenya Aeon My 125.

093

Sebelumnya MMBlog berpikiran bahwa mungkin ini adalah motor listrik. Soalnya sacara dimensi dan bentuknya, ini motor terlihat seperti motor mainan. Tapi ternyata, setelah dilihat dengan seksama, diraba, dan terawang, ternyata ini adalah sepeda motor ber-BBM yang ready to ride! Sebelumnya, MMBlog mau mohon maaf nih sama temen-temen, pict-nya ada di micro SD hape lawas yang sekarang udah antah berantah keberadaannya. Tapi jika MMBlog boleh mendeskripsikan, ini motor detailnya rapih banget! Dibikin secara serius, dan nampak kekar. selain itu bahan-bahan yang digunakan berasa solid ketika dipegang dan diketok-ketok.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Aeon My 12, yang kini bertransformasi menjadi Aeon 150 adalah sebuah motor retro yang secara tampilan cukup jadul, tapi mengusung teknologi moderen, sebut saja fuel injection system, digital+analog speedometer, serta peranti pengereman disc brake di roda depan dan roda belakang. Untuk merek Aeon sendiri, adalah merek motor yang berasal dari Taiwan. Di negara asalnya, motor ini sangat digemari kaum muda urban yang gaul, dan senang hang-out. Selain itu, di Taiwan juga ada balap motor yang menggunakan Aeon My. Secara performa ini motor berarti gak bisa dianggap remeh!

Mesinnya Aeon My 125 menggunakan satu silinder, empat tak, 124, 9 CC, dengan bore x stroke 56.5 x 49.5, dengan dua klep sehingga dapat mengeluarkan tenaga puncak hingga 10.73 daya kuda pada 8500 rpm, sedangkan torsi puncaknya mencapai 8.30 Nm pada 7500 Rpm. Sedangkan Aeon My 150 mesinnya menggunakan satu silinder, empat tak, dua klep, 149 CC, dengan bore x stroke 57.3 x 57.8, dengan kompresi 9.1: 1 sehingga dapat mengeluarkan tenaga hingga 14 PS pada 8000 Rpm dan torsi hingga 1,3 kg-m pada 5250. Percepatan keduanya ada lima. Hmm, secara spesifikasi keduanya cukup menarik dan dapat diandalkan banget sebagai kendaraan operasional sehari-hari.

copy_d_2011042319173379914

Aeon My 125 dan 150 sama-sama dibekali roda depan dan belakang berukuran 14 inci. Roda depannya dikawal oleh ban dengan lebar 110 dan belakangnya 120. Tinggi jok keduanya juga sangat bersahabat, yakni 73.5 cm saja.  Keduanya juga menggunakan pelek casting atau racing. Hmm, kalau kesan retronya mau tambah dapet, menurut MMBlog akan lebih asoy dan keren jika menggunakan pelek jari-jari. Atau dikasih opsional pelek jari-jari gitu, IMHO.

Nah, dengan adanya motor retro begini, MMBlog sih ngarepnya pabrikan-pabrikan Jepang di tanag air ada yang berani untuk bikin 😀 . serius dah, buat penggemar motor retro atau oldschool, bentuk motor kayak Aeon My itu oke banget. Apalagi jika dikemas dengan cat dan detail yang rapih, serta fitur yang menarik, tentu ini motor bisa menjadi trend-setter. Tapi sebelumnya emang harus dilakukan penelitian dan survey pasar yang komprehensif juga sih.

Oke deh, Aeon My 125/150, atau motor retro masa kini, gimana menurut temen-temen semua?? Sayang gak jadi masuk dimari euy, padahal menarik 😀

*masih nyari-nyari micro SD lawas *garuk-garuk kepala :mrgreen:

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

32 COMMENTS

  1. @Orong2
    Foto yg kualitas bagusnya mana tak tunggu lho…!!!
    Andai aja ada dealernya plus suku cadangnya ane bela2in kredit jg dak papa asal 10 jt doang harganya…!!!
    Pdhl kueren nih buat jjs plus ganteng pula kan mantab bikin cewek2 penasaran…
    Hehehe….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here