IMG-20140526-WA0014

Sobat MMBlog sekalian, beberapa bulan lalu, ketika MMBlog lagi nemenin Mama untuk bayar pajak mobil di Samsat Kebon Nanas Jakarta Timur, MMBlog mendapatkan kesempatan untuk lebih dekat dengan Yamaha FJR1300 milik Dinas Perhubungan. Motor ini parkir di pos pintu masuk Samsat, MMBlog lihat udah pas dari awal mobil mau masuk Samsat. Dalam lagi langsung bergumam โ€œhaseeek, moge buat direviewโ€, xixixi ๐Ÿ˜† . Kebetulan lagi sama Mama, jadi bisa minta tolong fotoin pas MMBlog lagi jajalin ergonominya. Terus motornya kalau dilihat dari deket kayak gimana sih? Nah, selain dari foto FJR1300 yang MMBlog temui di samsat ini, MMBlog juga pernah foto-fotoin FJR1300 yang lagi standby di Terminal Manggarai bersama dengan Kawasaki Versys milik Dishub yang juga udah pernah MMBlog bikin artikelnya.

Yamaha FJR1300 adalah moge Heavy Sport Touring yang beken di Eropa sana. Motor ini menjadi salah satu favorit para biker yang demen riding jauh menjelajah jalanan aspal. Ini motor gak melenggang sendirian, Honda sebagai rival utamanya juga punya lini motor yang sama dengan kubikasi yang sama pula 1300CC, Honda ST1300. Yamaha FJR1300 adalah motor sport 1300 CC dengan konfigurasi mesin empat silinder segaris. Mesinnya dapat mengeluarkan tenaga hingga 140 HP pada 8000 RPM, weleh-weleh, jambakan setan inimah ๐Ÿ˜† . Oia, motor ini hanya memiliki 5 percepatan temen-temen. FJR 1300 milik dishub ini adalah FJR tahun produksi 2011-2012.

Terus gimana nih kalau yang punya Dishub? Moge berwarna putih ini tampil elegan dan eksklusif, gak lupa ada stiker DISHUB yang nempel di bodynya ๐Ÿ˜€ . Dilihat dari dekat, ini motor kelihatan panjang dan besar temen-temen. Tapi gak lebar-lebar amat, masih bisalah masuk ke kategori slim, sama Honda Goldwing punya PMJ jelas masih gedean Goldwing. Hanya saja, fairing depannya tetep lebar, berfungsi sebagai pembelah angin ketika cruising dengan kecepatan tinggi. Nah, di fairing yang besar ini, ada dual headlamp yang terlihat ekskusif dengan warna yang dominan hitam di area dalamnya. Oia, perlengkapan seperti strobo berwarna biru dan pengeras suara juga nemplok di fairing depannya. Dari fairing depan, jika menengok ke area kaki-kaki, maka temen-temen akan menjumpai roda depan yang dikawal dengan suspensi yang kekar dan double disc brake. Wah, ini motor ternyata mesinnya gak kelihatan sama sekali dari depan, di belakang ban depannya ketutup rapet, ya kalau di Ninja kayak dipasang V-Grill gitu deh.

IMG-20140526-WA0015

 

Nah, bagian tengah motor ini yang mencolok adalah tangki. Tangkinya guendut dan membulat temen-temen, tapi tetep punya lekuk khas motor sport yang streamline. Motor yang tampil full-dressed ini tangki bahan bakarnya bisa menpung hingga 25 liter bensin. Di belakang tangki, ada jok single seater yang empuuukkk dan lebar, dan siap diduduki oleh rider kemanapun ia mau ngacirrr, mantap! Terakhir bagian belakangnya, ini motor bagian belakangnya didominasi sama boks-boks yang sepertinya memang sudah menjadi standar untuk motor-motor pengawalan. Dibanding denganย Yamaha XJ900, box FJR1300 bentuknya lebih moderen dan futuristik.

IMG-20140526-WA0028

tangkinya guendut

Area jok boncenger juga diganti fungsinya dengan keberadaan box yang bentuknya senada dengan body motor, wah, mantep ini, kelihatan jadi gak makan tempat! Bagian belakang motor ini dikawal sama ban belakang yang lebar dan knalpot di kanan-kiri motor, suaranya gimana jelas Dziiinggg-Dziiinggg, xixixi. Aksen knalpot yang didominasi chrome, membuat tampilan FJR1300 kian eksklusif. Terakhir stoplampnya, bentuknya unik, karena terpisah, fungsional banget karena ukurannya besar. Oia, yang paling akhir, ini motor gak pake rante, tapi pake GARDAN! Juoozzz…!!! Monggo diintip detailnya

Ngomongin motor tapi gak ngomongin ergonominya kayaknya ada yang kurang. Yawis, gak pake ba-bi-bu MMBlog langsung minta izin dudukin ini motor ke Bapak Ridernya, gayung bersambut dan MMBlog dapet izin, aseeekkkk ๐Ÿ˜† . oke deh, angkat kaki kanan untuk ngangkangin, dan mendaratkan (maaf) bokong di joknya yang empuk, nyeessss, weleh, nyaman nih joknya. Oke, coba tegakin, โ€œheemmmppppphhhhโ€, wkwkwkwk, ngeden pemirsaaaa :mrgreen: . Udah bisa diduga, ini motor ternyata emang berat, xixixi. Ngelihat di spek sih beratnya 295 kg yang tanpa aksesoris, pantes ๐Ÿ˜€ . Setelah tegak, MMBlog coba ngeraih setang dan naikin kaki ke footstep. Wuidiiiih, biar kata ini motor pake setang jepit, tapi ergonominya tetep nyaman! MMBlog yang punya spek tinggi dan berat badan 167/70 ini merasa rileks tanpa mengurangi perasaan sigap. Hmm, kayak motor apa ya ergonominya, beda deh temen-temen, punya ciri khas sport touring, pokoknya ergonominya siap untuk touring, dan siap juga untuk berkendara sport! Coba lihat aja difoto, MMBlog kelihatan rileks kan? Gak ngebongkok badannya. Tuh, padahal hanya duduk statis doang, tapi MMBlog sampe minjem helm Pak Dishub-nya, wkwkwkwk, kurang safety apalagi coba???

IMG-20140526-WA0025

IMG-20140526-WA0055

Edisi pake helm, wkwkwkwk

Coba remas-remas koplingnya, membal euy ๐Ÿ˜€ . ya namanya juga kopling hidraulik. Di tuas koplingnya ada setelah jarak free-play, yups mirip dengan milik ER6n. coba tekan-tekan tuas remnya, hmm, kok berasa kayak rem Vario pas combi brakenya berfungsinya, ringan banget, apa mungkin ini motor remnya juga dijejali perangkat elektronik? Hmm, nanti MMBlog coba cari tahu deh. Oia, hampir lupa, jinjit gak nih? Temen-temen lihat aja tuh kaki MMBlog, dengan pakai sendal saja, MMBlog jinjit balet ๐Ÿ˜† padahal tinggi joknya hanya 80,5 cm alias sama dengan ER6n, mungkin karena joknya lebar yah. Wah, jujur nih, selama dudukin ini motor dalam keadaan statis, MMBlog jadi rada males lepas dari joknya, soalnya emang nyaman banget dah! Sempet rada ngegalau juga, gimana ya rasanya kalau dibawa riding, berkali-kali ngelihat ini motor melesat pas ngawal RI1/2 atau pejabat DISHUB, kayaknya enak bener, xixixixi. Tapi sih hawa panas gak mungkin gak kerasa deh, 650 CC dua silinder aja panas, apalagi ini 1300 empat silinder ๐Ÿ˜› .

IMG-20140526-WA0026

jinjit balet brooooo ๐Ÿ˜†

Oke deh, jadi kesimpulannya adalah, Yamaha FJR1300 adalah moge sport touring paket lengkap dan special! Semuanya ada disini, performa, kenyamanan, high-tech, dan desain yang eksklusif. Wajar jika beberapa negara mempercayakan motor ini untuk menjadi motor patroli atau pengawalan termasuk Indonesia kini. Wis, pokoknya juoozzz banget dah. Mudah-mudahan ada kesempatan buat test ride ๐Ÿ˜†

Semoga berguna ya temen-temen ๐Ÿ˜€

Special Thanks to Mama buat foto-fotonya, dan Pak Dishub buat izin nunggangin dan ngebelai FJR-nya

 

ย untuk info harganya, silahkan di klik