Honda CBF1000F, Versi Fairing Dari CB1000R!

18

HONDA-CBF-1000F-motorcycles-29652966-1024-768

Sobat MMBlog sekalian, ngomongin Moge itu emang asyik. Ya walaupun makin kesini harganya makin “aneh” gak karu-karuan, tapi menarik juga dibahas untuk nambah motivasi menabung dan berusaha lebih giat, xixixi. Nah, kali ini MMBlog pengen bahas Honda CBF1000F. Sebuah moge half-fairing yang basis mesinnya menggunakan mesin CB1000R. Hmm, baru ngeh ternyata Honda Eropa, khususnya Inggris, ternyata punya line-up motor sport touring macam CBF1000F yang head-to-head sama Ninja 1000 yang notabene juga versi fairing dari Z1000. Gile, persaingannya moge euy :mrgreen:

Honda CBF1000F adalah motor semi fairing yang bentuknya agresif, namun masih tetap mempertahankan aura old-school khas Honda CB. Coba temen-temen lihat knalpotnya, bulat dan memanjang khas motor-motor retro dengan aksen chrome. Dimensinya terlihat besar dan kokoh. Bentuk headlampnya dual keen eyes yang tetap menggunakan model dan ciri khas CBR/fireblade series. Tapi biarpun sport touring, ini motor jok pengendara dan boncengernya dipisah loh. Gak lupa, untuk menambah kenyaman boncenger, disediakan handgrip di sebelah kanan dan kiri buritan motor.

cbf 1000f 2013-Honda-CB1000R1

Ngomongin mesinnya, ini motor mesinnya sama kayak yang dipakai di CB1000R. Bore dan stroke CB1000R dan CBF1000F sama-sama 75 x 56.5 mm. Tapiii… rasio kompresi kedua motor ini beda temen-temen. Rasio kompresi CB1000F adalah 11 : 1 yang mana sedikit lebih rendah ketimbang rasio kompresi CB1000R yang 11,2 : 1. Sepertinya bukan itu saja yang dibedain, mungkin dari segi pengapian, setting ECU, kedua motor ini dibedakan. Soalnya powernya beda, CB1000R punya power 92kw/10.000 rpm dan torsi 100Nm/8.000 rpm, ini lebih besar dari power CB1000F yang manteng di 79kw/9.000 rpm dan torsi 96Nm/6.500 rpm. Tapi tetep ajeee, powernye tetep bikin badan kejambak itumaaahhh :mrgreen:

2011-Honda-CBF1000-CBF1000Fc

Secara dimensi, kedua motor ini juga beda. Honda CB1000R dimensinya lebih kecil ketimbang CBF1000. Dan yang paling mencolok perbedaannya adalah kapasitas tangki bahan bakar . CBF mampu menampung hingga 20 liter bensin, sedangkan CB1000R hanya mampu menampung 17 liter bensin. Nah, ketahuan kalau emang si CBF ini peruntukannya lebih untuk perjalanan jauh, bukan untuk performance show off. Juoozzz.

Terus gimana nih antusiasme rider-rider moge indonesia sama motor-motor half-fairing begini? Kayaknya masih agak susah bersaing, IMHO. Biker moge di tanah air, tampaknya lebih suka kalau fairing ya superbike/supersport, kalau naked ya Streetfighter, kalau touring ya macem goldwing atau classic cruiser. Tapi gak tau juga deh, soalnya diparkiran motor gede, yang banyak ya motor-motor begitu, xixixi.

Oke deh, semoga menginspirasi ya temen-temen. MMBlog mau rehat dulu, kali aja ngimpi riding pake CB1000R, juooozzzz

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

cb1000r
cessssssssssss

Sumber : Honda UK[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

18 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here