(Opini) Prediksi Harga Ninja 250 Empat Silinder, Bisa di 80-90 Juta Kayaknya :D

28

ZX2R004_zpsfd0ebfc2

Sobat MMBlog sekalian, kali ini MMBlog pengen bahas mengenai berapa ya kira-kira banderol Ninja 250 empat silinder apabila emang motor ini jadi dirilis oleh KMI. Disini MMBlog punya analisa dari motor-motor yang dijual KMI saat ini, dan juga dari positioning motor itu sendiri. Memang masih terlalu dini sih, motornya aja belum kelihatan batang tutup pentilnya, xixixixi, oke deh lanjuuut.

Pertama MMBlog uraikan sebuah skenario :

Saat ini, Ninja 250 Fi SE ABS yang merupakan top of the line Ninja 250 Fi dibanderol 61 jutaan. Di atasnya (untuk motor dengan platfor mesin sejenis) ada Kawasaki ER6n dan Ninja 650 yang dibanderol 102,5 juta dan 108 jutaan. Eiitttsss, ER6n yang dibanderol 102,5 juta OTR Jabodetabek itu tahun 2012 & 2013 loh, yang mana saat itu ER6n belum terkena PPNBM 125%. Terus ER6n 2014? Kayaknya KMI belum masukin lagi deh, MMBlog suka chat dengan salah seorang pembaca yang baik hati dan beliau juga rider ER6n merah, ER6n-nya baru berusia 4 bulan, tapi tahun produksi 2012. Naaahhhhh, kok gak masukin yang 2014 sih? Ini diaaa, harganya bakalan terkoreksi mentah-mentah, alias lebih muahaalllllll. So, daripada daripada, mendingan ngabisin stok dulu. Jadi yang terjadi saat ini adalah ada GAP sebesar 40 jutaan rupiah dari Ninja 250 Fi SE ABS dengan ER6n.

Jika Ninja 4 silinder dilaunch saat ini maka harga pas agar tidak mengganggu penjualan Ninja 250 Fi dan ER6n adalah dipaut di 80 jutaan (ambil jalan tengah, Ninja 250 FI SE ABS 61 juta dan ER6n 102,5 juta)

DSC_10101

Nah, MMBlog coba buat skenario untuk tahun depan atau mungkin 2016. Saat itu berhembus kabar dari dunia kalau Kawasaki Global berencana mem-facelift ER6n! Yap, ER6n model sekarang udah 4 tahun brooo, dari tahun 2011 cuy! Modelnya jadi lebih agresif, fitur nambah, power nambah, pasang USD, lampu projector, Yap, Kawasaki Global rada resah karena hadirnya CB650F, jadi ER6n dirombak (apes dah gue, si merah jadi jadul, wkwkwkwk) jadi makin mantap! Ooooh, jadi mungkin ini sebabnya KMI gak masukin ER6n 2014, yang 2015 ternyata lebih SIP! Dan akhirnya KMI masukin ER6n baru itu dengan harga yang memang terkoreksi total. Yaaaa, mungkin 120 /130 jutaan kali yaa (perkiraan mentah aja nih). ER6n saat itu juga gak lagi dibilang moge banci atau apalah, karena harganya juga udah lumayan kekerek tinggi, juooozzz. Positioningnya semakin uhuy..!!

2013-Kawasaki-ER6n-red new-ninja-250r-fi-passion-red

Nah, maka dengan harga ER6n yang 120 juta, gap harga ER6n dengan Ninja 250 Fi akan semakin jauh. Sang Ninja yang tidak terkena PPNBM tidak mengalami kenaikan harga, tetep manteng di 61 juta, jadi GAP-nya akan menjadi 60-70 juta dengan ER6n, xixixixi. B

Begitu GAP-nya sudah sejauh ini, KMI akhirnya ngeluarin juga tuh Ninja 250 4 silinder dengan harga kurang lebih 90-100 juta, lah kok mahal banget? Yap lagi-lagi, untuk menghindari aksi saling makan market share Ninja 250 Fi atau ER6n, pricing kudu diposisikan secara bijak, IMHO. Selain itu, KMI juga ingin membangun image Eksklusif di motor ini, the ultimate weapon and the masterpiece!!!

Overprice? Mungkin KMI akan bilang β€œBodo Amat”, yang mau silahkan beli, yang gak mau yawis nabung dulu nggih :mrgreen: . Terus kalau gak laku gak blunder tuh? Udah produksi di mari, tapi gak ada yang beli karena mahal? Yap, seperti saudaranya, mungkin ini motor akan dijual di pasar Asia Pasific yang gak ada peraturan yang membatasi horsepower, bla bla bla. So pasar lokal gak laku, masih bisa ekspor kok. Tapi kayaknya rider di Indonesia udah pada kangen sama motor empat silinder, di artikel sebelumnya aja pada demen banget ama suara Ziiiinggg.. Ziiingg.

Oke deh, semua yang tertulis di atas hanya opini MMBlog semata loh ya. Yang kurang sependapat boleh ngacung dan berikan juga alasannya di kolom komentar, jadiin diskusi yang menarik ya teman-teman, juoozzzz

28 COMMENTS

  1. Mudah2an ER6N yg 2015 manteng di 120an jt Mas..agar kalo honda memang niat masukin si CBR650F bisa di angka yg ngga jauh2 amat..ngga bisa operpress..toh di Thailand juga klo ngga salah cuman beda tipis antara ER6N sama CBR650F KALAU saya ngga salah CBR650F cuma beda 3 – 5 juta lebih mahal dari ER6N ABS kan Mas Vandra juga yg infokan di mari..ayo mari kita berdoa…hehehe

  2. Boleh sih harga diatas 80jt, syaratnya fitur mirip motor supersport. Sasis aluminium perimeter, banana arm, upside down, power paling gk 43hplah, berat gk boleh lebih berat dr yg 2 silinder…, lah kalo cuma nambah silinder doang ya harusnya sekitar 60jutaan aja yg versi non absnya, kn rencana juga produksi lokal. Nah yg wajib nih bentuknya jangan sport touring, lah mosok kluar sport touring lagi, apa gk bosen dikasih barang yg sama, kalo pengen turing turingan ya bikin aja versi nakednya…..gk keitung udah brp banyak org beli motor fairing yg aslinya sport touring, ngemodif motornya biar dapet tampilan pure sport, mahhaaalll bingiittt biayanya ( minerva aja pinter ngluarin motor pure sport, coba r25 kluar mirip versi konsep, dijual 60jutapun msh pantes, yah begonya yamaha sih)

    • Setuju dgn myf, Frame model deltabox, aluminium banana swing arm, fork upside down, muffler jangan terlalu gondrong kaya 250FI, setang jgn terlalu tinggi ky 250FI, jok yg agak empuk dibanding 250 FI, ban blkg minimal battlax 150/60, cakram depan digedein dikit, harga 70-75jt maximum utk non abs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here