Belajar Foto Panning Dengan ER6n

31

image

Sobat MMBlog sekalian, hari ini MMBlog ngacir ke Kampus UI Depok, biasa deh ada miting ama Dosen, xixixi. Nah, kebetulan lagi ke Kampus, saatnya hunting foto nih. Otomatis kamera juga dibawa, kontak juga sahabat pas kuliah yang lumayan tahu fotografi untuk dateng juga, Alhamdulillah akhirnya bisa silaturahim sama dapet ilmu baru.

Selesai ketemu sama Dosen, akhirnya kita muter-muter kampus dulu nyari spot. Nah, MMBlog keingetan nih tentang teknik panning di fotografi. Yang mana ada fokusnya pada objek bergerak, tapi latarnya blur dinamis gitu. Akhirnya sama sahabat MMBlog kamera Nikon milik MMBlog di set di mode “S” dengan bukaan rana 1/60. Yah pokoknya gitu dah, MMBlog kan nubie banget di bidang beginian 😆 .

Awal mula foto, MMBlog coba berdiri sambil ngejepret dan ngikutin gerakan objek. weleh, gak taunya lumayan cucyah juga yaaah 😀 . Hingga akhirnya, kita memutuskan untuk foto sambil riding, alhamdulillah temen MMBlog satu lagi bisa dateng. Jadi pengambilan gambar dilakukan oleh boncenger sambil riding iring-iringan. Hasil bisa teman-teman lihat di foto paling atas dan dibawah. Oia, riding gearnya seperti yang biasa MMBlog pake. Jaket RS Taichi RSJ 240 Exceed Mesh Jacket, Fox Bomber Glove, Helmnya HJC Lorenzo (yang ini agak beda, xixixi) dan TCX X-Ville Boot.

image

MMBlog gak tau deh hasil begitu udah cukup baik apa belum. Tapi fokus di MMBlognya sih udah dapet, dan latar belakangnya udah blur dinamis gitu. Mudah-mudahan udah oke lah ya, xixixixi. Tapi emang untuk dapet hasil yang oke perlu latihan latihan dan latihan yang sering. Dan gak lupa penguasaan setting kamera.

Oke deh, gimana menurut teman-teman semua? Tapi overall, foto panning asyik juga buat dilakonin, hehehehe, juooozzz.

image

 

Special Thank To : Mas @ikinuh dan Sir Husni Mubarak buat foto-fotonya, next time kita hunting lagi brooo 😀

instagram

Villa Kanaya

31 COMMENTS

  1. Okay dapet A untuk kelas fotografinya… coba besok objek foto diganti mahluk hidup om Vandra biar lebih sulit prediksi arah geraknya…. tugasnya dikumpulkan hari jumat ya…

  2. saran saja : secara komposisi biasanya arah tujuan lebih di perbesar porsinya biar tahu arah nya, misal arah motor kearah kiri maka porsi space kanan di perbesar begitu kata dosen saya dulu, jadi komposisi foto pertama kurang, kedua lumayan, ketiga kalo motor di geser ke belakang (kanan) bagus om hehehe 😀

    • wakakakakak, bodo amat mah di kampus mah, gw udeh bayar mahal-mahal 16 semester masa iye ngebut dikit doang kagak boleh 😆 . kalo foto junior enaknye ama elu Pul 😆

  3. dari sisi ketajaman udah pas fokusnya.
    dari sisi blur masih kurang.. krn yg motret boncenger (controlled situation), berani pake speed yg lebih rendah lg om.. motor satu nya yg motret usahakan kecepatan di samakan (klo kecepatan sama = motret benda diam=berani speed lbh rendah), trus pake bukaan yg lebih besar.. f2.8 atau lebih besar lg f1.8 (tergantung lensa), biar bokeh nya lebih mak nyoss & lebh halus. score 6 lagh..

  4. Om jangan lupa backgroundnya yang banyak membentuk pola-pola, atau sederhananya ga datar dan jangan cemplang. soalnya efek blur bakal lebih mengena kalau lebih bervariasi backgroundnya. Cobain juga utak-atik komposisi speed & diafragmanya. diafragma bukaan gede/kecil digabung sama speed kenceng/pelan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here