Intermezzo : Kalau Naik Motor Jinjitnya Begini, Serem Juga Ya :D

75

DSC_0468

Sobat MMBlog sekalian, tinggi jok adalah salah satu variabel dari sebagian biker untuk meminang sebuah sepeda motor baru. Teman-teman masih ingat dengan launching Pulsar NS tahun lalu, yang bisa dibilang tinggi joknya tidak terlalu bersahabat? Motor ini lumayan digandrungi dan membuat beberapa biker ngegalau. Tapi, tinggi joknya terkadang membuat sebagian biker bertanya-tanya, “setinggi apa sih?”, “gue sampe kagak kakinya ya?”, “jinjitnya parah gak ya?”. Hingga beberapa blogger pernah bikin artikel tentang tinggi jok motor ini beserta dengan tips-tips untuk merendahkan tinggi joknya. Bisa dibilang, tinggi jok adalah faktor krusial bagi sebagian biker untuk memutuskan jadi atau tidaknya meminang sebuah sepeda motor.

Kemarin waktu di PRJ 2014, MMBlog sempat iseng nunggangin Kawasaki KLX250 yang memang trail banget. Hasilnya? Sudah dipastikan dengan tinggi 167 cm dan berat badan 70 Kg, MMBlog juinjuit bualeet buanggeett, xixixixi 😆 . Malah bisa dibilang ini bukan jinjit lagi, melainkan kaki satu ngatung. Malah kaki satunya lagi Cuma jempol doang yang nempel. Nah loh, kalau kayak gini, ya serem juga ya. Padahal dulu pas awal-awal ngeblog MMBlog pernah bikin artikel yang isinya “jinjit itu gak papa, sing penting pede!”. Tapi kalau jinjitnya kayak gini, hayyaah, boro-boro pede yak, malah pasaran turun kalau di lampu merah :mrgreen: .

DSC_0442 DSC_0444

Terus pas nunggang ZX636. Aje gile, udeh motor gak enteng-enteng amat, jinjit balet pula, terus bongkok, wislah makin cinta ama motor naked, apalagi motor retro, xixixixi. Coba temen-temen lihat itu kaki MMBlog yang difoto dari belakang, mantep banget ya jinjitnya. Nah kalau ini motor kedua kaki masih bisa menggapai permukaan tanah walaupun ujung jempol doang yang nahan, hehe.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

DSC_0451
Masih pede kalau Z1000

Tapi dibalik itu semua, kita kudu bersyukur dengan apa yang udah Allah SWT kasih ke kita. Tinggi badan yang Indonesia banget ini bukan tanpa kelebihan juga loh. Buktinya kalau naik matik malah nyaman banget kan? Hehe. Sahabat MMBlog yang tingginya 183 itu kalau bawa matik kadang dengkulnya mentok ke body depan, jadi duduknya kudu ke belakang banget. Pembalap-pembalap? Daped atau MM93 aja imut gitu kan? Oia, wearpacknya Marquez itu sizenya kecil banget loh, ada tuh di stand Honda PRJ 2014.

DSC_0467

Tapi, jika teman-teman kekeuh dan tetep ngotot pengen motor yang tinggi joknya rada kurang terjangkau sama panjang kaki temen-temen, maka opsi dengan menggunakan lowering kit bisa dipertimbangkan tuh. Tapi ngelihat review dari forum biker luar negeri, kalau bisa lowering kit itu jangan bikin jok turunnya rendah banget, karena bakal ngaruh ke handling dan riding quality. Selain itu tampilan motor juga jadi rada aneh. Setahu MMBlog sih yang masih oke itu tanpa ngubah apa-apa termasuk nurunin suspensi depan adalah jok turun 2,5-3 cm saja. Mungkin buat sebagian biker masih rada jinjit, tapi gak parah-parah amat.

Oke deh, mungkin ada Sobat MMBlog yang udah pasang lowering kit di motornya? Bisa nih MMBlog minta reviewnya, hehehe. Semoga berguna ya.[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

75 COMMENTS

  1. Motor trail sejati aslinya emang tingginya segitu. Kalo mator trail lagi diem pantat kita yg miring (cuma sebelah yg di jok ketika motor idle). Posisi pantat bukan ditengah seperti gambar pertama. Itu mengapa jok trail di design ramping supaya pantat bisa lincah gerak kanan kiri.

  2. Buat Tinggi 165-167cm .. P200NS,R15 jinjit balet ngga ya Om? aq prnh coba CeBeeR150 aja lumayan tinggi.. cm udh kbiasaan kaki kiri yg njejak aspal .. yg kanan di pedal rem … 😀

  3. iyo Bro, klo pake lowering kit + spatu yg ber-sol tinggi emang sangat ngebantu. Zx6r gw pasang lowering, dulu pesen di http://www.motosport.com. 5 hari dah dikirim.

    Dgn dibantu lowering dan sepatu safety, tinggi badan gw yg cm 167 gak memerlukan dingklik di lamer.

  4. Matik juga ada yg ga cocok buat orang indonesia, tuh liat vario 125, ane yg 175/90kg aja masih jinjit….. Vario ane pk spek ban depan 100/80 ban belakang 120/70 tp standarnya juga udah jinjit, Padahal banyak kaum hawa yg pk motor ini.

  5. apalagi kalo tinggi badan hobbit kayak ane gan…ane nunggang megapro punya kakak aja sedikit jinjit XD maklum cm 160cm hahaha

  6. ane cm 173cm & 60kg om van….
    jinjit balet gk y naek zx636?? hehehe….
    kl naek matik pnh diketawain tmn,,, “eh lu kagak pantes naek gituan,si ijo nya dikemanain?” ane jwb “tk kemuli neng kamar (tk selimutin di kamar)”
    wakakakakaka :mrgreen:

  7. tinggi saya 167 juga, tapi tumit saya cuma ngangkat sekitar 2-3 cm dari tanah waktu naik ZX-636 di PRJ kemarin. Yang paling parah waktu saya naikin ZZR1400 dengan bobot 250 kg. Kaki nyampe sih, hampir aja oleng ke kanan

  8. moge tidak pantas dg ukuran tubuh org indonesia, motor di jakarta/macet harus memiliki kriteria, Matic, kapasitas besar min. 150 CC, ISS (hemat bbm), bodi matic ramping seperti motor bebek agar parkir di mall & rumah tidak boros tempat. LUPAKAN SEMUA MESIN MANUAL KARENA MASA DEPAN PERADABAN ADALAH MATIC

  9. Mas bener 167 tingginya mas
    Coz ada salah satu motovlog youtube yg menggunakan 636
    Kaki sih jinjit akan tetapi tidak ekstrim mas dan dia tingginya 165

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here