Kenalan dengan Honda CBX750P, Moge Retro dari Honda Worldwide!

54

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Muantap!
Muantap!

Sobat MMBlog sekalian,ย Honda CBX750 adalah moge lawas yang spesial. bentuknya yang jadul, dan juga wujudnya yang sederhana bisa bikin penghobi motor retro jadi kepincut. Jujur, MMBlog baru tahu ada motor Honda seperti ini. Terus detail motornya sendiri bagaimana sih?

00005729-2 aed729648d61e9f95702a84e398542c4

Honda CBX750 adalah motor sport lawas keluaran Honda pada tahun 1984 hingga tahun 1988. Nah, motor ini juga dikembangkan menjadi sepeda motor operasional kepolisian dibeberapa negara seperti Malaysia, Hongkong, Singapura, dan Turki. Motor yang memiliki bore dan stroke 67.0 X 53.0 mmdan berkubikasi 747 CC ini, mengusung mesin empat silinder segaris yang dapat menyemburkan tenaga hingga 91 daya kuda, WOW ๐Ÿ˜ฏ . transmisinya ada enam (giginya ada 6 berarti), kemudian yang bikin MMBlog takjub adalah peranti penyaluran tenaga dari mesin ke roda belakang tidak menggunakan rantai, melainkan menggunakan Shaft atau beken dengan istilah gardan! Walah, tahun 80-an ternyata ada motor Honda yang bertenaga besar dengan menggunakan gardan, mantap!

100_7051 100_7052

 

100_7050 100_7046

Dari segi tampiilan, motor ini kesannya jadul dan retro banget. Ya iyalah, tahun kelahirannya juga angkatan babeh baru masuk kuliah ๐Ÿ˜† . Seat atau joknya hanya ada satu. Yang unik juga adalah ukuran pelek yang digunakan untuk depannya menggunakan ring 16 dan untuk belakangnya menggunakan ring 18. Pantes motornya jadi agak tinggi. Oia, motor ini knalpotnya ada dua di kanan dan di kiri. Pas diidupin suaranya khas mesin empat silinder, halus, tapi emang sih, bener-bener menyimpan tenaga yang tidak bisa diremehkan.

Motor yang dimiliki oleh Pak Onto berwarna putih, kondisinya sekarang bener-bener kinclong. Beliau bercerita dulu waktu pertama kali meminangnya, kondisinya udah kurang sehat. Kemudian oleh beliau dibawa keย  Kharisma Motor, dan berkat tangan Koh Welly, motor ini bisa sehat kembali, dan siap gas poollllll…!!! Beliau bercerita bahwa, memang agak lama untuk merestorasi motor ini, karena sparepartnya udah agak susah, oleh karena itu mesti indent ke beberapa negara dan jika tidak ada ya kudu kanibal dan custom sendiri.

100_7048 100_7054

Nah, sebenernya Honda worldwide itu udah punya mesin-mesin yang oke punya. Dan ketika demam motor retro kembali menjamur, Honda global sepertinya bisa mempertimbangkan untuk merelaunch kembali motor ini dengan tampilan yang lebih fresh, seperti CB1100 gitu lah. Jadi positioningnya CBX750 adalah motor retro yang didesain seperti CB1100, namun tetap menggunakan gardan sebagai peranti penyalur tenaga dari mesin ke ban! Makin lengkap deh lini motor klasik Honda! Mesin lawasnya tinggal dikasih injection, terus kasih sentuhan part-part moderen, dijamin Jozzz Mantaap!

CBX750P ??? Moge retro yang spesial…!!! Oke deh, semoga berguna ya :D[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

54 COMMENTS

  1. Emang orang sini ngerti motor retro? Tutup tanki stupa lah, shock stereo lah, wagu lah, etc etc … cuma jago kritik sama ikut2an. Ga bisa liat dan menghargai nilai histori dari sebuah masterpiece

  2. Sebetulnya moge 4 cylinder bukan hanya tahun 80an aja yang pernah ada di indonesia, tetapi sejak akhir 60an uda beberapa masuk 4 cylinder untuk instalasi pemerintahan dan pengawal presiden , yang terkenal justru Honda CBX.. hingga ke kawasaki Police KZ1000P.
    Bahas dong bandit 400, moge sejuta umat.

  3. Di Kuala Lumpur, Honda CBX750 ini masih lumayan banyak digunakan oleh polisi lalu lintas untuk patroli, walau sebagian sudah mulai diganti dengan Honda VFR800

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here