Kawasaki, ATPM Pelepas Dahaga Rider Indonesia

40

DSC_0136

Sobat MMBlog sekalian, masih ingat dengan hingar-bingar launchingnya Ninja 250R pada tahun 2008 silam? Yap, motor dua silinder ini dilepas ke pasar Indonesia, yang kala itu hampir semua motor pabrikan jepang mengusung mesin satu silinder. Berbagai opinipun bermunculan, mulai dari opini yang pesimis, hingga opini optimis. Tapi yang terjadi dilapangan adalah, motor ini laku, penjualannya moncer. Bisa ditarik kesimpulan bahwa, beberapa rider di Negeri ini merindukan dan haus akan kehadiran sesosok motor multisilinder dengan kubikasi sedang.

Dari apa yang telah terjadi di atas, tampaknya KMI tahu betul celah-celah sempit pasar sepeda motor di Negeri ini. Ada contoh real lainnya nih, dan itu adalah fenomena hausnya beberapa rider di Indonesia akan kehadiran motor besar yang harganya bersahabat dan dapat dirangkul! Terus Kawasaki juga menjawab dan mengobati dahaga ini dengan menghadirkan ER6 series. Nah, pada tahun 2011 akhir two brothers ER6n dan Ninja 650 hadir dengan harga yang bisa dibilang bersahabat untuk ukuran motor 650 CC twin! MMBlog aja sampe beli kan? Hehe.

DSC_0135

KMI tampaknya tahu betul bahwa mereka akan susah dan berat apabila harus perang dan bertarung dengan Yamaha atau Honda di segmen sport 150 CC ataupun Cub. Oleh karena itu, segmen yang mungkin sangat kecil seperti sport 250 CC hingga motor besar dapat dimaksimalisasikan. Nah, saat ini, bisa dibilang hampir semua motor Kawasaki Global sudah di pasarkan di tanah air. Ada beberapa yang belum seperti Versys 1000, ZX10-R, Vulcan, dan W800. Mungkin di semester kedua 2014 salah satu atau salah dua dari motor ini bakalan dirilis.

Tapi, ada satu celah strategis lagi ya belum diambil oleh Kawasaki nih. Itu adalah motor 250CC 4 silinder! Memang sih, sepertinya motor 250 CC 4 silinder agak sulit bersaing di pasar Amerika atau pasar Eropa karena ada kemungkinan,  harga motor 250 CC 4 silinder akan mepet ke harga motor 650 CC dua silinder. “kalau ada 650 CC yang lebih gede harga Cuma beda dikit dengan yang 250 CC ngapain ngambil yang 250 CC??”. Tapi menurut MMBlog pribadi, untuk pasar Asia, khususnya Asia Tenggara, motor-motor dengan jumlah silinder yang banyak masih tetap menjadi primadona. Belum lagi di Indonesia, lebih dari 500 CC, PPNBM 125% siap menghadang. Oleh karena itu gak ada salahnya bila KMI mencoba untuk meriset sepeda motor ini dan dikembangkan di dalam negeri. Mesin udah ada punya Balius atau ZRX tinggal develop sasis dan injector baru aja.

Kawasaki ZR250  1

Bingung akan mencederai market Ninja 250Fi? Hal ini bisa kok diminimize dengan membuat desain motor UJM atau plek-plek-an meniru Kawasaki Balius. Yah, at least kasih sentuhan moderen sedikit deh, hehe. Oke deh, MMBlog Cuma mau ngeluarin opini pribadi aja nih. Semoga berguna ya 😀

 

40 COMMENTS

  1. hahahaha…sudah ngga kuku sama 4 silinder nih..kalau saya mending KHI bikin ninja 300cc tapi 3 silinder udah tinggalkan yg 250cc..terus yg seri 400 naikin jadi 450cc 3 silinder..nah yg 650 naikin jadi 700cc 3 silinder…yah sebetulnya sih NGAREP.COM..tapi kalau terkabul AMIEN..bwahahahaha

  2. waini! akhirnya keluar juga artikelnya hehe
    jarak harga antara ninfi ke er6n terlalu jauh gap nya (apa lagi setelah PPnBM baru) . mungkin ini bisa menjadi pengisi kekosongan gap harga yg ada.

    harga mungkin aga gokil kali ya. bisa 70-80jt (4cyl bo) tapi tren disini kan kubikasi “mungil” yg booming. ya 4cyl ini bisa jadi salah satu blue ocean strategy nya KMI (lagi).
    toh mesin 250cc 4cyl kawasaki udah punya dari dulu kan bersama brand jepun jepun lainnya. jadi RnD ga ribet ribet dari 0 lg. (contoh kawasaki zx-2r, gsx-r250, cbr250rr dll dll)

    seperti mas Vandra bilang, KMI emg jago nyari celah pasar sempit yg kemudian bisa diguedein n gurih. toh KMI bisa nge loop strategi ninja 2cyl 2008nya di tahun tahun mendatang pake senjata 250cc 4cyl mungil ini.

    biar dikata aksel bisa ditempel 250 mono (bahkan ditinggal dikit) dan topspeed cuma 20-30kpj lebih cepat daripada ninfi 250 2cyl. tapi faktor:

    -suara merdu
    -desain baru
    -spek WOW yg ada di brosur (4cyl, dohc 16 valve, 45ps, etc etc)
    bisa membuat banyak orang kepincut dan bisa aja membuat babak baru di Indo.

    harga 70-80 jt bakal laku gituu?? kalau liat perkiraan pertumbuhan ekonomi orang Indonesia yg meningkat dari tahun ke tahun dari artikel nya pakde Tri. bisa bisa aja sih dan menurut saya motor masih menjadi barang impian semua orang di negeri tercintah. asal bisa dibeli dengan cara Nyicil wkwkwk

    belum lagi basis rider 250cc dengan keadaan ekonomi menengah atas yg mau naik kelas atau ganti motor banyak banget. toh tinggal jual yg lama hasilnya bisa buat bayar DP si little 4inline.

    ayo kawi masukkan 4cyl mu! buat kompetitor ngikutin langkah mu lagi!
    supaya brand saya tercintah (Suzuki) juga ikut ikutan ngeluarin! karena dia lelet banget! hahaha

    ps: bisa aja booming asal kondisi politik dan ekonomi di negri ini aman sejahtera
    pps: kawasaki ga masukin yg 300cc 2cyl duluan
    ppps:semua komentar saya diatas berdasarkan pandangan subjektif cetek saya sendiri.

    btw, ko ga masukin gambarnya ZX-2R aja mas?

  3. Ane setuju, pake mampus… Alias setuju mampus….
    Ane cuma pingin sensasi motor 4 silinder, ga peduli cc-nya berapa, tp untuk d indonesia…. Bisalah 4 silinder ditaruh d harga 60jt. Sebagai premiumnya motor 250cc..
    Vroooommmmmm……. High rev-nya udah kaya F1

  4. Kalo gue lebih setuju 400cc 4 silinder. Harga ya 70-80 deh. Soalnya dari estrella 250 ke er6n msh ada celah kosong di 70-80.

  5. mau donk yg 4sylinder , ,
    kasian org yg gx punya kyk ane pengen ngerasin moge juga 🙁
    hahahah

    seharusnya bikers yg haus moge bertrimakasih dengan kawasaki :O

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here