Test Ride Honda New Supra X125 Fi, Biangnya Bebek! (Part 1)

0

Image

Masbro sekalian, alhamdulillah kemarin MM udah test ride sepeda motor bebek “baru” Honda yaitu Honda Supra X 125 Fi. Sebenernya sih Supra X 125 ini bukan motor baru, ya iyalah, udah 17 tahun wara-wara di jalanan tanah air masbro. Tapi dibilang baru karena motor ini banyak dapet refreshment dan kaya akan fitur. Baiklaaah, di artikel ini MM akan bahas tampilan, dan fitur-fiturnya.

Tampilan

Image

Ngomongin tampilan, jelas sekali bahwa AHM ingin sekali membuat image sporty di motor Cub ini. Supra X 125 Fi ini sangat terasosiasi dengan kesan meruncing dan sharp. Tampaknya AHM ingin mencoba menggaet target baru yaitu kaum muda masbro, karena kebanyakan saat ini yang memakai Honda Supra X 125 adalah seorang Ayah Muda atau Bapak-Bapak yang sabar, hehe. Jika masbro membandingkannya dengan Supra X Lawas, Supra X baru ini ini kesannya lebih ramping/slim, serta lebih kompak. Eksplor lebih bagian depannya, masbro akan disuguhi lampu sein yang menyatu dengan lampu senja. Lampu senja ini kesannya seperti alis masbro, kalau diganti pake lampu LED warna putih, jadi cakep dan visibilitas motor ini dari depan akan sangat tinggi. Ngeliat ke area lampu utama, tampak ada dua buah bohlam yang terintegrasi di dalam headlamp yang juga memiliki kesan agresif. Noleh ke bagian buritan, wah, lancip masbro, ditambah dengan paduan hand/pilion grip berbahan babet yang ergonomis digenggam, bagian buritan terlihat lebih elegan dan moderen. Lihat ke area kemudi, tampilan yang dinamis dan moderen langsung menyapa. Tapi MM gak tahu nih alasan AHM kembali menggunakan indikator jarum (analog) untuk indikator bensinnya. Padahal di Supra X lawas yang lawas banget tahun 2005, fuel meternya menggunakan Bar atau digital. Atau mungkin market lebih suka ngeliat jarum kali ya? Lebih mudah gitu mantaunya, IMHO.

ImageImage

Bicara finishing, MM udah coba “kepo”-in motor ini, dan terlihat AHM gak main-main memproduksi sebuah motor biarpun itu motor bebek. Finishingnya sudah cukup rapi, MM coba pegang daerah-daerah tepian plastik seperti spakbor depan, belakang, dan beberapa panel body, semua sudah halus (tidak tajam). Jadi ini akan semakin membuat pemiliknya nyaman ketika menajamah motornya seperti ketika ingin mencuci. Part-part printilan seperti spion, tampaknya AHM tidak mau ambil pusing dengan membuat model baru, akhirnya dipilihlah spion sejuta umat Honda yang banyak nempel di motor-motor bebeknya seperti Honda Beat, CS-1, dan lain-lain. Terakhir adalah knalpotnya, Hmm, saat ini kayaknya knalpot dengan warna dasar hitam doff anti panas begini lebih digemari ya daripada knalpot dengan aksen chrome (yang lawas kan chrome semuah). Memang sih, kesan sporty atau hot itu akan didapat dengan warna gelap, ya kalau warna chrome lebih ke klasik ya masbro, IMHO lagiiii.

Image

Fitur

Image

Ini yang menarik, sepeda motor Cub Honda yang eksistensinya udah lama banget ini memiliki fitur yang segudang dan yang pasti memiliki value yang sulit untuk ditolak. Pertama adalah adanya Power Outlet yang berfungsi untuk mengecas baterai perlengkapan elektronik. Power outlet ini letaknya di dalam bagasi yang ada dibawah Jok masbro. Buka joknya aja sekarang udah simpel banget, tinggal tekan kunci kontak lebih dalam aja (udah gak ada lagi lubang kunci di buritan, semua terintegrasi di lubang kunci utama) joknya bisa langsung dibuka. Menurut MM, fitur power outlet ini bermanfaat banget masbro, ya tahu sendirilah sekarang HP pada cepat lowbat. Ada tapinya nih, bentuk colokannya masih menggunakan tipe colokan bulat seperti yang ada di mobil, jika saja bentuknya sudah seperti colokan USB, akan lebih memudahkan. Fitur ini berfungsi ketika motor hidup, atau posisi kontak berada di posisi ON atau motor siap di stater masbro.

Fitur menarik lainnya adalah adanya Hook atau bahasa Betawinya adalah cantolan barang, hehe. Emang sih gak helm in, tapi dengan adanya cantolan ini, barang belanjaan dapat dikait dengan aman,  karena ide dasarnya seperti diadopsi dari hook atau pengait tali yang biasa dipakai oleh para climbing, gejala meleset atau barang terjatuh sudah diminimalisir. Fitur lainnya adalah kabel  gas yang sudah menggunakan sistem push and pull, ya jadi ada dua masbro. Udah kayak motor sport yak! Pantes aja gasnya sangat ringan dipelintir, Oia, kabel gasnya juga sekarang udah ada didalam cover headlamp, jadi lebih rapi kesannya. Terakhir adalah stoplamp LED masbro. Terbilang ada 6 titik lampu LED yang menyala ketika mesin dihidupkan (udah AHO juga sih), value dari lampu LED selain irit energi, ya juga irit dikantong, karena biasanya sih lampu LED bawaan pabrik jarang rusak ya, hehe.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Image
Kabel gas ada dua dan di dalam cover headlamp, rapih!

Image

Oke deh masbro, baru dua item aja artikelnya udah panjang begini. Nanti MM siapin lagi artikel mengenai performa, pengereman, dan ergonominya. Foto-foto MM masih di Om Kobay juga soalnya, xixixi, :mrgreen: . Baiklah, monggo diemut-emut dulu infonya masbroo.

 

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

1 COMMENT

  1. desain klasik sih kalo mnurut ane, skilas liat ane msh liat supra X 125 versi karbe hihihi..
    beda di mahkota doang, yg lawas bilah tengah, sekarang ngepunk :mrgreen:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here