Komparasi Ninja 250 Fi dan Ninja RR Mono Versi Tabloid Motorplus

12

Image

Masbro sekalian, sebenernya MM udah baca tabloid edisi ini dari minggu lalu, tapi entah kenapa baru kepikiran buat di sharing sekarang. Tau deh tuh nanti ada kabar apaan lagi di Motorplus, biasanya tukang koran langganan MM nganter ini tabloid hari selasa menjelang maghrib nanti masbro. Oke deh, MM sharing ya datanya, anyway mungkin udah ada juga kayaknya di otomotifnet, tapi gak ada ruginya lah ya sharing lagi, hehe, repost berarti.

Handling

disebutkan bahwa ninja rr mono memiliki kemampuan bergerak lebih lincah dari Ninja 250 Fi masbro, apalagi kalau diajak liak-liu dikemacetan. Hal ini mungkin disebabkan karena perbedaan bobot, Ninja Mono bobotnya 151 Kg sedangkan Ninja 250 Fi bobotnya 172 Kg. Handling ini juga dipengaruhi oleh suspensi, suspensi ninja 250 Fi lebih lembut ketimbang RR mono, jadi Ninja RR mono sangat cepat keluar masuk tikungan, gak butuh banyak koreksi!

Ergonomi

Dengan posisi setang yang lebih menunduk dan power bawah yang lebih besar, membuat NInja Mono sedikit kurang nyaman ketimbah Ninja 250 Fi. Ninja 250 Fi posisi badan lebih tegak, dan power bawahnya halus, jadi membuat ridernya merasa lebih nyaman baut riding diperkotaan. Lanjut ulasan di majalah, Ninja RR mono sangat track oriented, dan ahli ngelibas tikungan, sedangkan Ninja 250 Fi lebih cocok untuk riding di perkotaan ataupun riding touring keluar kota. Tapi menurut MM pribadi sih ya, kalau mau pake Ninja RR mono buat hari-hari juga oke, MM liat sekarang banyak kok rider ninja 250 fi yang setangnya juga dibuat nunduk abis, hehe. jadi ya perbanyak fitness aja deh.

Performa (Akselerasi)

       Ninja RR Mono                                  Ninja 250 Fi

0 – 60 Km/Jam                                    2,37 detik                                          3.08 detik

0 – 100 meter                                     5,53 detik                                          6,27 detik

0 – 201 meter                                     8,00 detik                                          9,74 detik

top speed                                          156 km/jam                                       165 km/jam

Fuel Consumtion                             32km/liter                                          27km/liter

Dari data yang ada, kelihatan banget ya kalau akselerasi Ninja Mono sangat responsif di puteran bawah, ngaciir euy. Ini apa kabar ya kalau pake paket bore-up yang sampai 330 CC?? :mrgreen: . Terus konsumsi BBMnya, jelaslah masbro, kalau jomblo kan lebih irit yak, hhihihi, dibandingkan dengan yang udah gandengan, pasti lebih banyak maunya :D. Top speed juga, ya beda 10 Km/jam emang mau kemana juga? MM bawa ER6n aja banter-banter dalam kota cuma 100 Kpj, itupun paling lama juga cuma dua detik.

Data Dyno

                                                                  Horse power                                     Torsi

Ninja Mono                                 26,24 Hp/10.200 Rpm                       21,42 Nm/8.032 Rpm

Ninja Fi                                        28,9 Hp/11.445 Rpm                18,44Nm/10.339 Rpm

Ini juga jelas jadinya, satu silinder emang nampol banget torsinya. Buat ngelibas tanjakan dan boncengan pasti gak ngeden sama sekali. Tapi emang kalau dua silinder, menang di kitiran atas ya masbro. Nafas lebih panjang, cocok dah buat touring.

Baiklah masbro, kayaknya ini aja yang bisa MM sharing dari tabloid motorplus edisi lalu. semoga menginspirasi ya. Btw, MM langganan motorplus udah dari 12 tahun lalu loh, xixixi. lama juga yak. Oia, test rider majalah itu pada jago-jago ya bawa motornya, MM aja susah bener mau wheelie, itu mereka di foto kayaknya gampang bener, hehe.

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here