Jika Nanti VanVan125 dan Burgman Benar “Murah”, Geger Dah!

64

Image

Masbro sekalian, masih ngebahas mengenai NJKB motor-motor baru Suzuki yang harganya teramat rasional. Kali ini MM mau ngebahas mengenai sebenernya apa sih maunya pabrikan dengan simbol S ini? Hmm, menarik untuk di teliti lebih lanjut nih.

Sebenernya sih mungkin banget jika motor-motor yang MM sebut diatas (VanVan125 dan Burgman 200) bisa dijual dengan harga yang kompetitif. Soalnya MM beli Thunder 250 yang di mesin dan karburatornya jelas-jelas ada tulisan “Made In Japan” aja bisa 20,5 juta pada tahun 2006, dan NJKBnya pada saat itu adalah 13 jutaan. Nah, disinilah sepertinya Suzuki punya strategi yaitu mesin-mesin motor yang dipasarkan global dapat diimpor, namun demikian, sasis dan part-part printilannya dapat dibuat di negara yang menjual mesin motor tersebut.

Image

Contoh sederhana ya itu Thunder 250 masbro. Kalau beli part-part mesinnya ya asli Made In Japan. Tapi jika membeli body, footstep, spakbor, itu semua harganya lumayan ekonomis, karena udah made in Indonesia. Hanya saja unitnya udah jarang atau bahkan gak ada, hehe. Nah, menurut MM hal ini logis jika diterapkan di motor-motor anyar mereka kayak VanVan dan Burgman. Sebenernya sih kalau VanVan seperti yang Lek Irfan bilang, cukup cakep kok kalau pakai mesin Thunder 125 yang di-injeksikan. Gak perlu kenceng-kenceng motor begini mah, wong motor 60% buat gaya, 40% buat pemakaian kok.

Terus Burgman 200 atau yang 125. Menurut MM sih sepertinya  Suzuki Indomobil gak kesulitan deh buat bikin body atau sasis dari motor ini. Lah, liat aja tuh matik-matik Suzuki, pada galau! Pertama keluar Spin, terus keluar Skywave, terus keluar Skydrive, terus keluar Hayate, terus keluar Nex, terus keluar Let’s. Ya keluar Burgman Made in Indonesia masih mungkin banget kan? Dengan NJKB 14 Jutaan yang notabene sama dengan NJKB Thunder 250, harganya OTR bisa-bisa 20jutaan awal, hmmm, asyik nih!

 

Image

 

Nah, menurut MM langkah ini adalah langkah yang tepat diambil oleh Suzuki Indonesia. Ya karena ini adalah segmen yang mana pabrikan lain belum terlalu tertarik buat nekunin. Dan paling nanti- nantinya, yang ngegerecokin hanya Kawasaki. Oke deh masbro, ternyata Suzuki seperti emang lagi berbenah untuk posisitioning mereka yang baru. Mudah-mudahan nanti ada motor-motor “non mainstream” lagi dari Suzuki, ya kayak TU250X gitu, buat ngegerecokin Estrella, hehe :mrgreen:

Okelah, selamat berakhir pekan masbro

instagram

Villa Kanaya

64 COMMENTS

  1. Vote for TU250X … reviewnya di mcn juga top !!! Jangan biarkan kawasaki bermain sendirian lagi. Belajar dari pengalaman. Estrella pasti harga selangit, TU, masukin juga pakai strategi analisa MM, jadi harga bisa ditekan habis. Lepas 20 jutaan… jalanan penuh sama Suzuki … tapi 3s harus diperbanyak… kalo sekarang ini nakutin ke beres Suzuki… antri 5 jam, padahal pengerjaan hanya setengah jam.

  2. kabarnya suzuki bangkrut tahun ini tapi kok makin menggila aja :’)
    saya sebagai fbs senang dengar kabar ini hehee

  3. Mendadak FBS pada muncul karena kabar angin segar ini 😀

    mudah2an memang benar motor suzuki yg bakal brojol ini memiliki harga yang kompetitif tanpa mengurangi value yang ada….

  4. Van-van keren banget… bener-bener model yang ‘standout’ . Ninja mono lewat dulu deh setelah lihat ini… btw, ukuran ban berapa bro?

  5. Membingungkan, agak sedikit mustahal jadinya.
    Semoga NJKB-nya ngga salah nulis dan selisih harga jualnya seperti halnya dengan motor yg lain. Naksir sama Burgman-nya euiii…. 😆

    Buat yg naksir Van-Van perlu diingat kalo nanti ganti ban belakangnya, bakalan mringis sama harganya. :mrgreen:

  6. Ternyata banyak FBS yg pada ngumpet selama ini, dan bentar lg pada siap2 turun gunung nih, wkwkwkwk… Yoi, setuju kalo ntar Suzuki vs Kawasaki, dan biarin Honda vs Yamaha aja, krn tipikal Suzuki dan Kawasaki emang mirip2, sedangkan Honda dan Yamaha juga mirip2. Kemiripan Suzuki ama Kawasaki adalah disain motornya suka unik dan nyeleneh, plus gaya jualannya santai aja, mau laku syukur kalo kaga laku ya woles aja. Sedang Honda dan Yamaha kan sama2 nafsu banget tuh jualannya, MS adalah segalanya, hahaha… Jadi FBki aja deh, wkwkwkwkwkwk……

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here