Strategy Hot Moge Honda (Opini – Part 2) Ancaman CB650 Series!

12

honda2

Masbro sekalian, setelah entah mengapa internet di rumah susah sekali membuka beberapa blog roda dua dan blog sendiri, akhirnya MM melancong juga ke warnet untuk posting dan nitip jemuran, hehe. Oke deh masbro, sesuai dengan apa yang telah MM bahas di sekuel pertama yang membahas mengenai peluang suksesnya Honda CB500 Series, kali ini MM mau sharing analisa MM mengenai “ancaman” dari motor gede anyar Honda Global yakni Honda CB650 Series. Oke deh, lanjut masbro.

Setelah MM sering banget nulis artikel mengenai dua motor ini (monggo di klik dan klik), MM tambah yakin bahwa motor ini akan diproduksi di Thailand seperti dua adiknya yaitu CBR250 dan CB500 Series. Nah, jika memang benar di Thailand, dan AHM punya niatan buat masukin motor ini hal yang paling bisa bikin shock adalah pricingnya, yup emang sih isu PPNBM sedikit banyak bikin ATPM pengimpor moge rada ketar-ketir dan kalau emang diberlakukan mungkin harganya bisa terkoreksi. Tapi, tentu dengan harga ya msaih dibawah harga moge rata-rata, motor yang ciamik ini bisa membius sebagian rider yang rindu dengan mesin halus empat silinder!

honda-cbr-650-f-2014 (10)_thumb_e

Jika skenarionya seperti keadaan sekarang, Harga ER6n manteng di 102,5 Juta, terus di atasnya ada si gahar Z800 yang manteng 169 Juta. Nah, gapnya lumayan juga kan, disitu masih banyak ruang kosong yang bisa dijejalin sama si CB650 Series. Nah, pricing yang paling logis sih kalau menurut MM, motor ini dihargai sama atau beti dengan Kawasaki Versys 650 ABS yang sekarang manteng di 127 Jutaan, nah jika emang harganya dikisaran segini, bukan gak mungkin ini motor bakalan moncer penjualannya masbro. Tapi akan lebih indah kalau harganya bisa mepet ER6n sih (ngarep). Jadi kesimpulan ancaman pertama ini, ini motor bisa “ngembat” segmen ER6n dan Z800.

Nah, ancaman keduanya adalah motor ini dapat meningkatkan image Honda. Yup emang sih saat ini CBR250 itu mesinnya jomblo, tapi lihat nih, gue bisa launching motor hi-tech empat silinder, desain ciamik, dengan pricing menarik! Yup, pabrikan sebesar AHM masak iya sih betah main di matik dan bebek aja. Kalau maen moge, total, bikin komunitas, nah Imagenya kan pasti naik tuh. Pokoknya MM menanti banget motor ini dah, hehe. Nah, strategy begini jika ditilik dari sisi stratejik, menurut MM udah pas banget, entry levelnya jomblo (CBR250), Middle nya twin (CB500 Series), Uppernya Inline four atau empat silinder (CB650 Series).

Oke deh masbro, artikel berikutnya MM bakal bahas lagi strategy Moge Honda Top Of The Line. Semoga mengingspirasi ya.

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

  1. Seandainya AHM datangin motor ini CB650 series dan seandainya harganya mepet dg ER6, pastilah akan laku. KMI sudah menunjukkan dg sukses penjualan ER6 dan Z800. Tergantung AHM niiy…

  2. Kalo menurut ane harganya 130-135 jt udah pas banget tuh brada di tengah2 cz perbedaan dr z800 kan nyampe 40 jtan jd jauh…..dan lagi motor ini punya desain fresh dan mesin inline4 tp gk harus mahal….

  3. […] segmen yang amat segmented ini. Peluangnya sangat besar dan mantap banget (silahkan klik disini dan dimari jika teman-teman belum sempet baca). Nah, setelah MMBlog berseluncur ke websitenya AP Honda Thai, […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here