Monkeymoto’s Trip To Tanah Suci – Matangkan Persiapan

12

Image

Masbro sekalian, artikel kali ini agak OOT yah, hehe, tapi MM rasa pengalaman ini penting untuk dishare. Yup, karena seperti yang udah kita semua tahu, bahwa yang namanya perjalanan baik itu bawa kendaraan sendiri, atau naik umum, atau ikut travel, pasti memerlukan persiapan yang matang, apalagi kalau sampe lebih dari seminggu, dan tujuannya buat ibadah yang mana butuh niat yang lurus dan kuat. Terus kira-kira apa aja yang perlu dipersiapkan? Lanjut masbrooo…

Yang pertama adalah belonging atau bawaan. Sudah pasti yang pertama adalah pakaian, nah pakaian ini kalau merujuk ke pengalaman MM sih ya, anak laki itu bawa baju gak perlu banyak-banyak, kalau buat sembilan hari sih kemarin MM bawa baju 5 setel, tapi kok yang kepake cuma 3 setel yah? Hehe. Satu buat tidur, satu buat sholat dan ibadah lain, satu lagi buat ngelancong, terus underwear juga mendingan beli yang disposable atau sekali pakai aja masbro, lumayan bikin koper jadi legaan dan bisa beli oleh-oleh nantinya. Oia, baju-baju itu akan lebih baik jika digulung aja masbro, gak makan tempat jadinya. Terus jangan ketinggalan yaitu kain ihram masbro, ini yang paling gede dimensinya, jadi pinter-pinter deh tuh nyusunnya, hehe. Nah, yang paling penting dari pakaian ini adalah pilih atau bawa pakaian yang kantongnya ada retsletingnya masbro, supaya bawaan kayak HP, atau paspor bisa gampang diraih dan terjaga dengan aman.

Yang penting lainnya adalah obat-obatan. Contoh sederhanana adalah obat diare dan parasetamol, abis kadang kondisi badan agak susah diprediksi sih kalau di negara lain. Beda iklim, di tanah air lembab, disana kering kerontang. Pengennya sih selalu sehat aja masbro.

Persiapan penting yang lainnya adalah persiapan fisik masbro. Ya kalau vaksin meningitis sih udah jadi bagian dari persyaratan. Tapi ada persiapan yang sebenernya rada konyol, yup, buat yang susah kencing di pesawat atau jika biasa kencing tanpa tekanan, lebih baik jangan kelewat banyak minum, beser jadi berabe, hehe. Tapi sebenernya akan lebih baik jika banyak minum sih masbro (itu yang tertulis di panduan comfort yang adadi kursi pesawat).

Terus gimana dengan kelengkapan dokumen? Kalau ini sih biasanya nanti di airport bakal langsung dikasih sama travelnya. Kalau MM kemaren sih begitu. Oia, buat tas atau koper, akan lebih baik jika masbro selain bawa koper, juga bawa backpack, karena praktis banget masbro.

Dan yang gak kalah penting selain itu semua adalah persiapan niat. Yup, niat kita kudu lurus dan ikhlas, terus gimana dengan bacaan-bacaan, ya memang sih masbro, kita semua dapat buku panduan, tapi akan lebih enak kalau bacaan-bacaannya udah kita hafal dan fahami, jadi nanti pas tawaf gak ribet baca-baca dan melafadzkan doanya. Oke deh masbro, udah kepanjangan juga nih kayaknya, hehe. Besok MM sambungin lagi deh.

instagram

Villa Kanaya

12 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here