Sepeda Motor Merek “Jawa”, Asalnya Dari Mana Hayo??

37

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Image
Jawa 353 Tahun 2007

Masbro semua,  kalau masbro suka lihat-lihat iklan sepeda motor di harian Poskota, masbro pasti pernah ngeliat kolom iklan sepeda motor dengan merek Jawa. Mungkin sebagian dari masbro mikir bahwa sepeda motor ini adalah sepeda motor buatan Indonesia. MM aja mikirnya gitu kok pas awal-awal. Namanya persis kayak pulau dengan kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia, yup pulau Jawa. Tapi sebenernya motor ini gak ada sangkut-pautnya sama Jawa atau Indonesia. Terus sebenernya asalnya, atau darimana sih country of origin-nya? Lanjuut.

Oke deh masbro, motor merek Jawa ini sebenernya berasal dari Republik Ceko, negara yang letaknya di Eropa Tengah. MM juga gak nyangka ternyata negara yang terbentuk karena bubarnya Cekoslavia ini ternyata memiliki merek sepeda motor. Kemudian,  nama Jawa sendiri berasal dari nama founder atau pendirinya yaitu Frantisek Janecek dan mengambil basis mesin dari sebuah divisi sepeda motor yang yang telah stop produksi bernama Wanderer. Jadi Jawa itu gabungan dari Janecek dan Wanderer. Kemudian sepeda motor Jawa pertama kali dibuat pada tahun 1929, dan berkubikasi 500 CC.

Image

Terus gimana eksistensinya? Menurut wikipedia dan websitenya untuk pasar inggris. Sepeda motor Jawa masih bisa dibeli dan dipesan. Tapi kalau menurut MM pribadi model-modelnya kayak motor Jepang jadul ya masbro.  Adapun kubikasinya macem-macem, dimulai dari rentang 250-650CC.

Image

Last, artikel ini MM tutup dengan kebingungan MM. Kok bisa ya masbro motor dari Republik Ceko masuk ke Indonesia dan ada pula iklannya di Poskota (yang dijual yang CC nya 350). Tapi emang sih motor yang dijual itu kebanyakan motor tua yang tua banget. Apa dulu pas perang dunia ke dua, motor ini pernah dibawa sama pendatang ya? Mungkin ada masbro yang bisa ngasih pencerahan. Oia, nanti kalau MM lihat Iklannya lagi, MM foto deh :mrgreen: .[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

37 COMMENTS

  1. bahas Tajima motor donk…itu motor drmana sih kemarin ketemu sama tu motor mesinnya tajima plat B modelnya mirip megi primus tp buritannya ngambil basis desain king cobra tapi tangkinya mirip rx king juga cuma gk ngotak dan hebatnya lg tutup tangkinya udah rata kaya NVL…jadi penasaran sama tuh motor…

  2. kemungkinan dulu pada era perang dunia 2, ada turis asing ke indonesia bermaksud bawa motor nya ke indonesia, eh walhasil banyak yg suka.. akhirnya di jual deh disini.. hahaha..pendpat pribadi nih ya.. walhasil jawa emang sakti masbro.. buktinya semua komputer dan hape menggunakan bahasa jawa alias javascripts, joss toh kui…. jowo pancen toopp hehe

  3. diluar sana aj msh mnghargai ‘sesuatu’ dr negri ini :). Model2ny yg low profile&sprtiny cocok bwt kndaraan di daerah 🙂

  4. Jawa(baca :Yava)adalah merk sepeda motor dari Republik Ceko(Czech republic), yang dulu bernama Cekoslovakia (Czechoslovakia). Nama “Jawa” ditemukan setelah sang pembuatmotor,Frantisek Janecekyang lahir pada 23 Januari 1878, membeli divisi motor dariWandererpada tahun 1929 (untuk sepeda motor baru mereka yang bermesin 500 cc ), dengan menggabungkan suku kata pertamaJaneček danWanderer. Perusahaan ini masih aktif hingga sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here