Motor Kubikasi Mungil Dengan Silinder Lebih Dari Satu, Pernah Loh Diproduksi Oleh Honda!

33

Masbro sekalian, seperti yang sudah kita semua fahami bahwa sepertinya (belum diuji hipotesisnya) jumlah silinder pada sepeda motor adalah salah satu variable yang mempengaruhi evaluasi atau attitude (sikap) konsumen terhadap sepeda motor tersebut. Yap, jumlah silinder yang lebih dari satu sepertinya merupakan mata air di tengah oase (umumnya motor-motor di dalam negeri silindernya jomblo aka sendirian). Tapi, saat ini kubikasi motor yang sering dicekokin silinder lebih dari satu itu motor dengan kubikasi 250 CC atau lebih. Tapi sebenernya, ada gak sih motor harian/produksi missal CC imut yang silindernya lebih dari satu, lanjuut masbro.

Image

Mungkin sebagian dari masbro masih asing sama motor yang namanya Honda Varadero. Terus kalaupun tahu mungkin masbro taunya varadero yang 1000 CC. tapi gak taunya motor Honda yang kodenya XL ini punya varian yang CCnya “hanya” 125, walah jauh bener ya masbro. Itu kenapa “hanya”nya dipasangin tanda kutip? Soalnya, biar kata hanya 125 CC, Honda Varadero imut ini mesinnya dua silinder V-Twin! Wow, suaranya pasti halus banget bro!

Motor adventure imut ini mampu memuntahkan power hingga 14,2HP, lumayanlah buat motor 125 CC, :mrgreen: . Udah gitu tangki bensinnya mampu nampung bahan bakar hingga 17 liter! (Waduuh, touring Jakarta – Bali bisa gak ngisi inimah!) Honda Varadero 125 pertama kali diproduksi pada tahun 2001 dengan masih menggunakan karburator, dan pada tahun 2007 sistem pengabutan bahan bakarnya diganti dengan menggunakan fuel injection ala Honda yang beken, yaitu PGM-Fi. Kemudian, pada akhirnya Honda Varadero kudu tutup usia pada tahun 2012-2013 di pasar Inggris.

Image

Image

Menurut review dari MCN, harga dari Honda Varadero ini lumayan overpresss jika dibandingkan dengan competitornya yang hanya menggunakan satu silinder. Ya iyalah, silindernya lebih, otomatis part juga lebih banyak, udah gitu teknologinya mesti advance banget, bikin satu silinder 62,5 CC, itu silinder motor apa dot bayi ya masbro, hehe.

Last, emang sih masbro, rada mubazir juga bikin motor CC kecil dengan multisilinder, udah mahal, power juga segitu-segitu aja. Ya kalau 125CC mau kenceng tinggal bawa aja ke bengkel modip atau speedshop, dijamin ngaciirrr, hehe. Tapi kalau mau jadi ajang unjuk gigi sih oke-oke aja menurut MM. Oke deh, semoga menginspirasi ya masbro.

33 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here