Ganti Kabel Kopling Si Thunder 250, Setelah 5 Tahun Pakai

25

Image

Masbro sekalian, hari ini MM memberikan perawatan buat si Tander Thunder 250 yang udah nemenin MM selama 6,5 tahun. MM riding sama Thunder udah 6 tahun lebih, jadi kalau ada yang aneh atau apa gitu MM bisa langsung sadar dan aware. Yup, kemarin MM ngrasa kok tuas koplingnya kalau di tarik kerasa seret dan ada suara-suara kasar kayak gesekan gitu. MM langsung berpikiran โ€œwah, kudu diganti nih kabel koplingnyaโ€.

Dulu kabel kopling si Thunder ini pernah putus pas dijalan masbro. Seingetย  MM sih pas setahun pemakaian pertama. Aneh juga emang masbro, dari awal beli udah seret itu kabel kopling, dan apesnya itu putusnya dijalan, ampun deh, kudu riding gak pake kopling, pas mindahin gigi suaranya โ€œJEDAK, ย JEDOK!โ€, nah sebelum kejadian itu terulang lagi MM ganti aja deh kabelnya. Tapi yang MM heran kabel kopling yang kedua ini awet bener yak, apa karena MM rawat? Bisa jadi.

Oke deh, tadi MM ngacir pake si Merah (Kasian udah lama gak dipanasin) ke Suzuki Sunter buat beli kabel kopling baru. Alhamdulillah, barangnya ready stock. Dengan harga 41.000 Rupiah (udah Made In Indonesia, makanya murah), akhirnya kabel kopling baru itu berpindah tangan ke MM. Niat ke Suzuki Sunter padahal buat foto-foto moge juga, tapi gak jodoh masbro, gak ada moge yang didisplay.

Image

Oke deh, proses penggantianpun dimulai. Kunci-kunci yang dibutuhkan hanya kunci ring 10 dan 12. Pertama copot tuas kopling yang ditangan dulu, baru deh copot kabel kopling yang ada dibawah. ย Walah, gak taunya bener masbro, udah pada brudulan itu kabel slingnya. Terus, posisi kabel kopling Thunder 250 agak unik masbro. Bak koplingnya itu ada disebelah kanan, tapi kabel koplingnya hanya โ€œnyangkutโ€ di bak sebelah kiri tempat magnet dan sepul, jadi emang kabelnya gak panjang.

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Image
Brudulan, gak lama lagi inimah

Beres masang, akhirnya MM setel deh, coba tarik tuasnya โ€œNah, ini baru motor gue!โ€. Koplingnya udah empuk lagi seperti baru, hehe. Joss lah pokoknya. Terakhir lewat artikel ini MM Cuma mau sharing aja, kalau masbro ada yang punya motor udah umur dan pengen dipiara terus, ya rajin-rajin deh ngerawat motornya biar selalu dalam kondisi yang prima. Oia, kapan-kapan MM sharing cara perawatan kabel kopling deh ya.

[/fusion_builder_column][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Image
Si Merah Abis Dicuci, segeeerrrr
[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

25 COMMENTS

    • salam kenal juga masbro, itu yang merah bukan Thunder 250 bro, yang merah itu kawasaki ER6n. kalau thunder desainnya mirip tiger, scorpio, masih standar kok gak dimodif. namanya monkey soalnya saya ini mirip monkey yang banyak bulunya dan gak bisa diem bro,hehe

  1. Maknyus jg neh smpe 5 thun !! ๐Ÿ™‚ Klo pndapat&pngalaman ane bila kopling dah trasa empuk&ad sret2 ga licin bila diremas dah tanda2 tuh !?Ane malah suka yg setelan aga keras coz suka maen slip kopling :)Utk spareparts suzuki biasanya ane mampir diramayana kb.jruk VII yg ‘katanya’ lbh komplit dr suzuki sunter !?Dan hrga pun murmer ๐Ÿ™‚ aplg klo bli bnyk ad potongan lg ๐Ÿ™‚ Kbtulan ane pke skywave ’10. Ditunggu mzbro tips prawatan tali kopling&biar awet kmpasnya jg ๐Ÿ™‚

    • Iya bro, ngefek banget itu kalau dirawat kabelnya. betul masbro, yang di ramayana bonjer itu emang lengkap bangets. suka ada diskon pula, tapi berhubung lebih deket ke sunter atau sahardjo, ya ane ke dua bengkel itu aja deh kalau nyari fast moving, hehe. oke bro, minggu ini saya luncurin artikelnya. wah, pengguna suzuki juga nih bro :mrgreen:

    • Yo’i bro dah bs dibilang FBS ๐Ÿ™‚ dr jamannya pnya RGR ’92 (Dijual), Tornado ’96 (Dijual), Thunder 125 kluaran pertama ’03 (Dijual) smpe skarang skywave’10 bwt harian menemani Si merah N250 krbu bwt weekend aj ๐Ÿ™‚ V-ixion ’08 jg prnah punya smpe win 100 ’98 jg ๐Ÿ™‚ Btw ko’ ad spareparts tutup tanki bensinnya!?Mo dignti y mzbro??

    • muantap bro, FBS banget yak, hehe. itu yang difoto sebenernya bukan tutup tangkinya bro, tapi kabel koplingnya. kebetulan di taro di atas tangki, jadi kesannya mau ganti tutup tangki yak?hhe. wah, ane pengen tuh punya honda win, irit gak bro?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here