Antara CB650F Dan CB600F Hornet, Kayaknya Mending Ditandem Aja deh..

20

Image

Masbro sekalian, setelah kemarin MM buat artikel mengenai apakah Honda CB650F merupakan versi downgrade dari CB600 Hornet kali ini MM kayaknya udah sedikit tercerahkan. Setelah MM baca semua komen dan baca spesifikasi dari dua motor tersebut, tampaknya membandingkan antara kedua adalah tidak fair masbro, loh kok gitu, monggo masbro simak tulisan MM di paragraf berikutnya.

Jadi gini masbro, selain perbedaan suspensi dan piranti pengereman. Ada hal lain yang ternyata sangat krusial bedanya, yup itu adalah horsepower atau tenaga yang dikeluarkan oleh mesinnya. Mesin Honda Hornet 600 menurut beberapa situs yang membahas mengenai spesifikasi sepeda motor dapat menyemburkan tenaga hingga 100 horsepower (73,4 KW) pada 12000 rpm! Sangat berbeda dengan tenaga yang dikeluarkan oleh adiknya CB650F yang “hanya” dapat menyemburkan 86 horsepower (64 KW) pada  11000 rpm. Tapi kalau torsi hampir sama masbro, yaitu dikisaran 63Nm. Nah, dari perbedaan ini masbro, udah jelas bahwa Honda telah melakukan diferensiasi positioning pada kedua sepeda motor naked bikenya ini.

Image

Nah, ngelihat output power yang berbeda lumayan jauh ini, MM rasa CB650F ingin diposisikan oleh Honda Worldwide sebagai “Naked Budget” motorcycle (minjem istilah MCN) yang mana segmen ini udah keisi sama semua motor jepang lainnya seperti Kawasaki dengan ER6n, Suzuki dengan SV650, Yamaha dengan XJ6. Nah, tapi Honda memberikan diferensiasi dengan menambah dua silindernya dibanding ER6N dan SV series, yang mana jadinya head-to-head sama XJ6nya Yamaha.

Terus gimana dengan Honda Hornet? Menurut MM pribadi sih ya, Honda Hornet sebaiknya jangan disuntik mati, image Honda Hornet udah bagus dan namanya udah susah payah dibangun dari awal tahun 2000-an, dan udah berhasil menjadi ikon middle street fighter bike-nya Honda. Terus, Dengan power segitu Honda Hornet udah dapat mepet-mepet sama power Z800 dan GSR750 yang bermain di kisaran 110 HP-an. Ya menurut MM lagi nih ya, Honda tinggal rombak sedikit jeroan dapur pacu Honda Hornet agar powernya bisa lebih galak lagi. Atau mungkin naikin Ccnya jadi 750 atau 800 MM rasa masih logis, gak melukai segmen CB1000. Jadi kesimpulannya apabila kedua motor ini tetap dijual secara bersamaan hal ini mungkin sama sekali gak memakan pasar atau segmen salah satunya, karena emang beda peruntukkannya masbro.

Oke deh masbro, mudah-mudah menginspirasi ya, hehe.

instagram

Villa Kanaya

20 COMMENTS

  1. Bisa saja tetap dipasang dua2nya di kelas middle weight. Toh ini produk global, setiap region kan seleranya berbeda. Tapi ga bisa dipungkiri, hornet terlihat belasan tahun lebih tua dan image pabrik bisa terpengaruh ya

  2. Keknya emang hornet diposisikan utk real middle naked bikenya honda kalo cb650f lebih ke hornet yg daily use…hehe… kalo liat TVC nya sih gitu menurut ane bro cz ane dah liat TVC cb650f sama cbr650f ya gitu peruntukannya utk daily use….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here