Yamaha, Ngotot Banget Euy Eksekusi Strategy Pemasarannya! Mantap!

6

 

Image

Bro dan Sis semuanya. Dunia otomotif saat ini tampaknya lagi nyorot ke Yamaha banget. Kenapa MM bilang demikian? Ya karena emang keliatan banget sih Yamaha sekarang lagi jor-joran banget mengeksekusi strategi pemasaran. Bisa mas bro liat kalo beberapa minggu ini atau beberapa bulan ke belakang, banyak gebrakan yang dilakuin oleh pabrikan garputala ini. Contohnya kayak ngeluarin motor gede 4 line up sekaligus! Terus ngundang Hohe buat ngegas R6 di sentul. Terus nampilin ketangguhan performa Jupiter Z1 (bebek) dan Yamaha R15 (sport) di sentul, gelar konser NOAH band yang lagi gandrung saat ini.Terus sebenernya apa sih tujuan dari ngelakuin semua hal ini? Udah pasti juga costnya gede banget nih.

Image

Oke deh, dulu pas MM kuliah MM pernah belajar Integrated Marketing Communication atau lebih dikenal dengan sebutan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Nah dimata kuliah ini tuh diajarin gimana caranya mensinergikan berbagai strategi pemasaran agar tercipta sebuah mindset/atau memperkuat sebuah mindset yang telah ada yang berujung kepada attitude (sikap) yang favourable (di sukai) dan berimbas kepada positive behavior yaitu purchase intention (keinginan untuk membeli).

MM coba runut apa aja strategi yang udah dilakonin:

1. Launching Motor Gede 4 lini sekaligus dengan harga yang asli Premium

Tujuan: mendongkrak image bahwa Yamaha adalah pabrikan yang concern sama sepeda motor sport dan meningkatkan brand equity atau prestise. Kalau dari penjualan sih kayaknya susah ya, harganya terlalu segmented, mending jualan matic aja kalo mau nyari untuk gede mah.

2. Nunjukin performa Z1 dan R15 di Sentul + Ngundang Hohe + konser NOAH

Tujuan: mencari perhatian publik (bahasa ABGnya Caper), seperti yang udah kita tahu mas bro, kehadiran Jorge Lorenzo dan Noah adalah sebuah magnet yang sangat efektif buat ngedatengin banyak orang dan media. Dengan bisa showoff (ngasih penampilan R6 ngeliuk-liuk di sentul) begini diharapkan orang-orang yang melihat langsung bakalan terpukau dan langsung memberikan respon positif. Dan diharapkan juga media bakal nge-blowup event ini.

Image

Nah, yang MM liat dari apa yang udah dilakukan oleh Yamana Indonesia. Ini semua adalah sebuah strategy yang sangat strategis. Terus sebenernya selain memperluat mindset (yang dalam hal ini Yamaha pengen banget memperkuat image Sport-nya) apalagi benefit atau keuntungan yang bisa diperoleh? Ya jelas mas bro, penjualan motor sportnya. Berbagai bisikan udah banyak beredar di dunia maya kalo yamaha bakalan melaunching sport 150 dan 250 CC nya. Dengan strategy yang udah dilakuin secara gila-gilaan saat ini, diharapkan ketika sport 150-250 yamaha meluncur, potential buyer atau bahkan orang yang cuman suka sama motor, langsung “memunculkan” merek Yamaha sebagai merek sepeda motor sport di otak mereka sebagai top of mind. Karena saat ini gak bisa dipungkiri top of mind orang indonesia kalo ditanya tentang motor sport ya jawabnya “Ninja”.

Memang sih, kalo dilihat secara kasat mata, rata-rata mereka yang riding dengan motor yamaha (terutama bawa vixion dan jupie MX) kebanyakan bawanya pada ngebut, identik banget sama sport atau balapan, jadi emang sedikit banyak image sport udah tertanam di merek Yamaha. Udah gitu ditambah dengan prestasi Yamaha di kancah balap nasional dan internasional yang gemilang, pasti udah jadi nilai tambah deh.

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here