Retro Muscle Bike, Ketika Zaman Tak Lagi Bersamanya

25

Image

Mas Bro semuanya, salah satu tipe motor yang pernah booming adalah tipe motor motor retro muscle. Empat pabrikan Jepang kayak Honda, Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki pernah memproduksi motor dengan model kayak begini. Retro Muscle memiliki kubikasi yang besar (besar banget malah) berkisar dari 1200CC sampai 1400CC. Bukan Topspeed yang dicari, tapi yang dicari dari motor dengan tipe ini adalah torsi, kenyamanan, riding quality, dan “nostalgia”. Kayaknya motor dengan tipe begini lebih mementingkan “bond” atau hubungan batin antara rider dengan motor, soalnya beberapa pabrikan ngeluarin tipe motor ini dengan model yang mirip-mirip.

Oke deh, motor apa aja sih yang pernah jadi primadona sebagai Retro Muscle bike, lanjut..

1; Suzuki GSX1400

Image

Image

Suzuki GSX1400 adalah motor muscle retro dengan kubikasi terbesar, 1400CC. Speknya udah DOHC, tapi cuman pake oil cooler mas bro. Mesin segede gini pake oil cooler doang bisa dibayangin panasnya kayak apa, hehe. Hal ini juga menandakan kalo motor ini simple dalam perawatan. FYI, di FJB-FJB suka ada lho yang jual motor ini, surat lengkap, harganya 100 jutaan, tapi gak tau deh itu surat kawinan atau bawaan motor. Terakhir motor ini adalah motor muscle retro pertama yang discontinue.

2. Kawasaki ZRX1200

Image

Image

Ini retro muscle bike dari Kawasaki, 1200 CC dan beda sendiri karena pake lampu kotak kayak GLpro. Lucu juga Kawasaki masih mempertahankan lampu kotak. Ini motor masih dijual tapi JDM alias Japanese Domestic Market.

3. Honda CB1300

Image

Image

Retro Muscle Bike dari Honda ini, Kayaknya maish diproduksi sampe sekarang, di TMS kemaren diperlihatkan juga revisinya yang pake half fairing. MM pernah liat motor ini secara langsung di salah satu bengkel spesialis Thunder 250 di daerah depok, emang Guede banget mas bro. Kalo mas bro mau nebus, bisa kontak Hobby motor atau Probike, harganya tergantung dollar, dulu sih sekitar 330 jutaan. uhuy.

4. Yamaha XJR1300

Image

Image

Ini motor juga masih eksis sampe sekarang. Kayaknya Yamaha mempertahankan ini motor sebagai flagship motor retro mereka. Terutama di Eropa sana, Dikarenakan Yamaha juga memproduksi motor sejenis dengan kubikasi yang lebih imut yaitu YBR125 dan YBR/FAZER250. Pernah di boyong sama YMKI (sebelom jadi YIMM) ke JMCS pada tahun 2006. Sama juga masbro, guede beneeerrr.

Terakhir, emang sih motor dengan tipe atau model begini gak terlalu banyak penggemarnya. Apalagi trend sekarang lebih menjurus ke sport atau naked streetfighter. Apalagi di pasar eropa, sekarang ridernya lebih ngutamain motor yang ada fairingnya supaya bisa membelah angin dengan baik. kalo MM baca di forum bikers eropa, Leher mereka rasanya kayak digantung kalo riding pake motor yang gak fairingan, karena anginnya nampol banget.

Nah, Suzuki kan udah pensiun nih main motor beginian. Kira-kira siapa ya yang bakal mempertahanin model begini buat jangka waktu yang agak lama kedepannya?

25 COMMENTS

  1. harley davidson gak masuk mas bro..type fat boy, heritage softail, knuckle head (jadul banget sich yg ini) dll. Gak apal soalnya, hehehehe..banyak.

  2. Honda CB1300 cita-cita, waalupun lawas kyknya pakai ini masih tetep keyen..
    @ mas Adit emng piro harga nya? ditambah biaya dokter ya,hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here