Mesin 150 CC Satria F Buat Calon Trail Suzuki? Mantap Kayaknya! (Opini)

18

[fusion_builder_container hundred_percent=”yes” overflow=”visible”][fusion_builder_row][fusion_builder_column type=”1_1″ background_position=”left top” background_color=”” border_size=”” border_color=”” border_style=”solid” spacing=”yes” background_image=”” background_repeat=”no-repeat” padding=”” margin_top=”0px” margin_bottom=”0px” class=”” id=”” animation_type=”” animation_speed=”0.3″ animation_direction=”left” hide_on_mobile=”no” center_content=”no” min_height=”none”]

Image
Suzuki DR200SE

Mas bro sekalian, seperti yang telah menjadi rahasia umum bahwa sepeda motor Suzuki yang paling laris adalah Suzuki Satria F 150. Bahkan kasarnya bisa dibilang jika Satria F inilah yang menjadi tulang punggung penjualan sepeda motor Suzuki. Motornya yang slim, mesinnya yang superior DOHC 6 speed, karburator, serta gampang dioprek adalah daya tarik yang sangat efektif. Dari sejak muncul pada tahun 2005 yang awalnya CBU, hingga kini bisa diproduksi lokal, Satria F tetap jaya.

Image

Menurut MM kejayaan si Satria F ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor mesinnya aja mas bro. Selain itu menurut MM faktor motor pendahulunya juga sangat berperan penting. Masbro pasti tau deh Satria 2 tak. Itu adalah motor 2 tak Suzuki yang disegani di zamannya. Motor bebek dengan kubikasi 120 CC, 2 tak, 6 speed, body ringan, wah akselerasinya gawat banget deh. Nah, enggak bisa dipungkiri image nama “Satria” itu akhirnya menempel kuat di benak konsumen, dan terus ngekor sampai ke satria F sekarang.

Image

Terus apa hubungannya nih sama judul yang bawa-bawa motor trail? Jadi gini, dulu kan Suzuki pernah punya trail yang melegenda TS125 tuh. Nah,kesempatan ini harusnya bisa digunain Suzuki buat ngeluarin trail 4 tak. Basis mesin gak usah repot-repot, kan udah ada tuh mesin Satria F 150 yang 4 tak. Menurut MM kalau saja Suzuki mau bikin trail 4 tak pake mesin Satria yang ditunning ulang, bukan gak mungkin trail Suzuki ini bakalan laris dipasaran, dan mengganggu dominasi KLX 150. Selama ini yang main di segmen trail 150 cc 4 tak itu cuman Kawasaki, itupun mesinnya biasa/standar aja 150 cc pendingin udara, dan SOHC, dan pricingnya bisa dibilang gak murah.

Oke deh, ini semua sih hanya opini MM pribadi aja. MM cuma ngerasa sayang aja sama mesin Satria F itu kalau gak dimanfaatin lebih lanjut. Semoga menginspirasi bro.

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

instagram

Villa Kanaya

18 COMMENTS

  1. IMHO, klo buat motor trail kurang cocok pakai basic mesin satrai F, krn satria agak lemot tarikan bawahnya tp garang putaran atasnya. Sedangkan motor trail sebagian besar cuma butuh torsi besar yg berimbas pada tarikan yg yahud dan ga terlalu butuh topspeed tinggi.
    Klo mau pakai basic satria F memang perlu di-tune ulang supaya tarikan bawah mantab. Atau klo mau lbh simple ambil aja mesin dari thunder, upgrade dikit upto 150cc, pendingin udara kasih injeksi, pahe :mrgreen:

  2. Cmon, bangkit suzuki…. Jangan kecewakan penggemar barumu (ane) yg baru mulai lewat shooter…. Yg ternyata benar bgt, legenda mesin kencang indonesia itu suzuki. Pantesan mesin ini yg dipakai di raider 115…
    Kalo untuk trailnya… Cocok bgt tuh mesin fu, re-tune lg, 5 speed aja, close rasio ringan… Dan yg super moto tetap 6speed close rasio yg aga berat…
    Total weigh cukup 125kg… Mantab tuh….
    Trus dijual seharga dengan klx150… Ato diatasnya sedikit, kan dohc….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here