Marketing Ala Pabrikan, Upgrade Karburator Motor Lawas Ke Injection

25
Limited

Image

Mas bro, sistem pengabutan injection tampaknya saat ini sudah mulai bisa diterima dengan baik oleh sebagian besar masyarakat/pengguna kendaraan. Padahal beberapa tahun lalu, penjualan SUSI atau Supra Injeksi yang diproduksi sama Honda bener-bener seret penjualan. Tapi sekarang, pabrikan berlomba-lomba buat meluncurkan sepeda motor yang menganut pengabutan bahan bakar injeksi, potential buyerpun udah gak ragu lagi buat beli motor injection. Ditambah dengan regulasi emisi yang semakin ketat, tampaknya gak ada opsi lain selain mencangkokan injektor buat pengabutan bahan bakar, hasilnya motor lebih irit, lebih mudah dalam perawatan, emisi lebih rendah, dll.

Image

Nah, berbagai kemudahan itu tentu sangat menggiurkan bagi sebagian rider, gak terkecuali rider yang motornya masih menggunakan karburator. Di sini MM terinspirasi oleh motor kesayangan MM yaitu Thunder 250 yang masih menggunakan karburator vakum tipe Mikuni BSR32, dan berpikir “bisa gak ya ini motor di upgrade jadi injection?”. Segala sesuatunya masih memungkinkan, Soalnya mesin GS250 itu masih diproduksi di Jepang dan Eropa, dan udah menggunakan Injection. Nah, MM berpikir bahwa apabila pabrikan punya program untuk mengupgrade motor yang masih karbu ke injector maka program ini sepertinya bakal mendapatkan respon yang positif dari penggunanya.

Tapi memang sih, part-part yang mendukung kinerja injector itu relatif banyak dan harganya juga gak murah. Seperti ECU unit, Injector, tangki yang udah compatible sama fuel pumpnya, dll. Tapi kalau buat orang yang kadung tresno (terlanjur cinta) sama motornya sih MM rasa gak jadi masalah, hehe. Itu semua kan sebenernya tujuannya bagus, buat pembakaran makin sempurna. Last, gimana nih pabrikan? Bisa gak masang injection ke motor-motor lamanya yang masih karbu? Suzuki ayo dong bawa paket injection buat Thunder 250, masih banyak loh pengguna dan loyalisnya. Terus mungkin Kawasaki juga, bisa tuh bikin program paket injector buat ninja 2 taknya.

instagram

25 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here