Jinjit Balet, Pede Aja Bro!

18

Image

Mas bro sekalian, apabila kita baca beberapa blog atau tulisan mengenai sepeda motor baru, biasanya akan ditemukan bahasan mengenai tinggi jok sepeda motornya. Terus hal ini juga memancing komentar, dan juga pertanyaan “wah, sampai gak ya?, wah jinjit balet dong ya? Wah, tinggi banget joknya”. Terus ujung-ujungnya, mas bro urung buat minang motor ini padahal sebenernya budget udah ada, terus karena perkara jok yang bikin kaki jinjit, harapan langsung kandas gitu aja.

Sebenernya ada solusi jitu mas bro buat ngatasin masalah jinjit balet itu, apa itu? Tanpa harus mengubah apa-apa (motornya), hal yang harus dilakuin adalah cuman 1 yaitu Percaya Diri aja mas bro! MM pernah liat dijalan, ada yang bawa KTM duke 200, gaya ridernya keren banget, pake rompi kulit badannya atletis, terus helmnya branded, jago banget selap selip pas macet, tapi gak taunya pas di lampu merah beliau jinjit balet mas bro. Yah, kalo dengerin kata orang kita gak bisa hidup tenang mas bro, cuek aja, toh orang-orang juga paling ngomonginnya juga di dalem hati doang,atau malah gak ngomongin sama sekali. tapi jujur MM malah salut sama biker itu, bisa tetep pede bawa motornya. MM juga punya temen yang badannya imuutttt banget, terus dia bawa thunder 125 aja udah jinjit balet. Tapi sampe sekarang, dia aman-aman aja tuh, malah dengan keterbatasan kayak gitu, mau gak mau dia terus-terusan ngalatih keseimbangannya sampe bisa ngendarain motor dengan kecepatan yang rendaaah banget tanpa turun kaki.

Terus masalah yang kedua, gimana kalo nemuin jalan yang enggak rata? Nah, lagi-lagi jawabannya ya pede aja bro!hehe. ya kalo emang gak rata, kita carilah jalan yang rata. Jangan maksa ikut-ikutan orang yang jalan dijalan yang gak rata (biasanya trotoar).  Selain pede solusi lainnya adalah tenang, yah pokoknya selalu positif thinking dan tenang aja. Untuk nambah pede dan tenang, ada baiknya motor juga ditambah pelindung kayak engine guard atau frame slider. Dengan adanya perangkat itu maka kita gak kepikiran kalo motor bisa lecet pas jatoh, jadi tetep pede deh.

Image

Terus yang terakhir adalah nimbang-nimbang. Biasanya biker indonesia (dengan tinggi 160-165 cm) itu bakalan kesulitan napakin kaki kalo lagi nyemplak motor-motor gede. Kalo motor-motor keluaran lokal atau cc 250 kebawah sih tingginya masih bisa diantisipasi biar kata jinjit balet. Biasanya rata-rata orang indonesia itu maksimal bisa handel motor kalo tinggi joknya 82 cm, tapi kalo kayak BMW GS1200 yang tinggi joknya 89 cm ditambah joknya yang juga lebar ya wassalam deh. MM pernah dudukin versys yang tinggi joknya 84,5 cm, jinjitnya parah, Cuma ujung sepatu yang bisa nyentuh aspal. Terus pernah juga dudukin KLX 250, gile kaki satu ngatung, yang satu lagi juga Cuma ujung sepatunya doang, padahal klx 250 joknya gak lebar.

Sebenernya naek er6n juga MM jinjit mas bro, tapi ya itu, yang penting pede aja bawanya, hehe. Pernah jatoh sekali, tapi itu gara-gara keserempet orang. So sekali lagi kalo emang brother kepincut sama motor tapi itu motor bikin jinjit balet, hajar aja mas bro! Trus jangan ragu juga kalo mau emang pasang lowering kit, apalagi kalo tingginya Cuma berkurang 2,5-3cm doang, gak bakal ngaruh ke riding quality mas bro, kalaupun ngaruh juga gak kerasa-kerasa amantlah. Emangnya kita hohe atau marquez yang bawa motornya diatas 200km/jam dan corneringnya sampe kena kuping, eh kena sikut. Oke deh, mudah-mudah bisa membantu mas bro sekalian.

Image
atau pake beginian?

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

18 COMMENTS

    • nah, itu dia mas. masalah bobot juga jadi pertimbangan tersendiri tuh. kalo kayak trail, biar tinggi tapi enteng dan ramping ya. kalo matic kadang gak terlalu tinggi tapi joknya lebar dan berat, walhasil jinjitnya jadi bikin keder juga ya mas. oh vario juga jinjit ya buat tinggi 160-an? baru tau saya mas

  1. Mantap banget postingannya mas bro . Jadi bikin tambah pede . Ane barusan minang new cbr 150r , agak jinjit balet sih. Kedua kaki nyentuh, tapi cuma jari sama telapak bagian depan aja . Mau tanya kalo mendekin, shock depan diturunin brpa cm, sama jok nya di papas brapa cm biar ga berpengaruh sama handling / stangnya . Makasih !

  2. Pede aja mas bro, ane di sim ditulis 157cm, dah 2 thn lebih nunggang byson, turunin sok depan aja trus ganti stang sama aftermarket stang trail hehe, padahal tinggi jok byson 790mm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here