Honda CB400SS dan Yamaha SR400, Pilih Mana Bro?

30

ImageImage

Mas bro sekalian, Pabrikan sepeda motor raksasa Honda dan Yamaha, tampaknya memang paling demen bersaing. Mas bro bisa lihat dari dua penampakan sepeda motor di atas, dimana yang paling atas adalah sepeda motor retro big single cylinder Honda CB 400 SS dan gambar yang kedua adalah retro big single Yamaha SR 400. Kedua motor ini sama-sama mengusung tampilan retro klasik super jadul dengan kubikasi 400 CC bersilinder tunggal, udah gitu peleknya juga jari-jari dengan rem tromol untuk rem belakangnya. Bisa masbro bayangin tuh gimana torsinya 400 CC satu silinder, pasti ngejambak banget tuh! Untuk mesinnya sendiri standar aja masbro, masih dengan pendingin udara, tapi keduanya udah menggunakan Injection.

Image

Image

Rivalitas kedua pabrikan besar ini udah gak usah diragukan lagi masbro getolnya. Kedua motor ini mulai diproduksi dan dipasarin dari tahun 70-80 an sampe sekarang. Bisa dibilang kalau motor tipe begini kan pasarnya niche banget, tapi jika ada salah satu pabrikan mulai ikutan terjun, pasti salah satunya lagi bakal ikutan terjun juga. Nah, disinyalir nih ya, setelah Yamaha ngeluarin mogenya, AHM juga terpancing masbri buat main moge juga, hehe. Oia, FYI untuk yang Yamaha SR400 unitnya bisa masbro tebus tuh di Probike Jalan Panjang kalau berminat, MM  gak tau pasarannya berapa tapi yang jelas Malajah Bikers pernah ngebahas motor ini.

Honda_CB400SS_Special_Edition_2007TMS

Yamaha_SR400

Oke deh masbro, MM hanya mau sharing aja kalau di luar negeri sana ada juga ternyata motor retro dari Yamaha dan Honda yang mengusung kubikasi besar. Kalau masbro berminat motor retro begini, sabar nungguin Kawasaki Estrella aja, kan tahun depan kayaknya Kawasaki mau ngelaunching tuh, dan harganya masih resional, hehe. Oke deh, semoga menginspirasi ya bro.

 

30 COMMENTS

  1. Kalo milih sih cb aja, terlihat pas dengan segala jaman.
    Tp 400cc 1silinder? Hadeuh….
    Ga beda jauh dah suaranya sama binter merzy.
    Bahkan mungkin ga beda jauh dgn suara nmp yg merdu itu…
    Kalo 1 silinder big bore, better ditaruh d motor adventure aja… Imho, motor gaya klasik itu paling ajip mesin v-twin, or minimal twin sejajar….

  2. Single cyl.CB 400 sperti menganut type TSCCny Suzuki Thunder y mzbro!?!Nuansa retro lbh kntal Honda CB 400. Aplg dng nama besarnya ‘CB’ 🙂

  3. Yamaha SR motor jarak jauh,membutuhkan simplisitas namun tetap bertenaga,pilihan single silinder sudah sangat tepat,alasan mudah dalam perbaikan jika terjadi kerusakan ditengah perjalanan…(pake CDI honda grand tanpa kiprok motor bisa jalan) just share pengalaman aja nih bro..saya pernah pake Suzuki gsx 750 police (4 silnder) ,yamaha xjr 400(4silinder),honda cb 200 twin (2 cilinder), untuk 4 silinder suara emang asik..tapi untuk ngurus sumpah gak asik banget,oli 4 liter busi 4,service karbu 4 .. kaya ngurus tamara .. untuk 2 silinder..masih lumayan lah..akhirnya pilihan jatuh pada Yamaha SR400 (pengennya sih sr500) super simple bike..jika kondisi benar2 urgent pake CDI honda grand juga idup tu motor ..saya pribadi dalam memilih motor lebih mengutamakan pada mudahnya perawatan,karena saya orangnya males..jadi saya angkat topi buat yamaha SR 400 sang legenda ..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here