Harga KLX/D-Tracker X Lebih Mahal Dari Ninja 250? Sebabnya Apa ya?

30

Image

Masbro sekalian, saat ini siapa sih yang gak tahu dengan Kawasaki Ninja 250? Motor sport seperempat liter dari Kawasaki ini namanya udah santer dan beken banget di jagad motor sport tanah air. Kemudian saat ini harganya dibanderol 52.900.000 Rupiah, padahal dulu waktu pertama launching, harganya “cuma” 44 jutaan ya kalau tidak salah. Tapi biar kata harganya naik, tapi unitnya banyak juga kelihatan di jalan :mrgreen: . Tandanya ini motor asli laku ya masbro. Tapi yang suka mengganjal di pikiran MM itu adalah, kenyataan bahwa motor sport dua silinder Kawasaki ini harganya masih lebih murah daripada KLX250 atau D-Tracker X, Hmm, kira-kira sebabnya apa ya masbro?

Image

Awal launching, MM kirain harga KLX/Dtracker X itu lebih murah dari Ninja 250. Lah iya, pendapat awam MM mengatakan bahwa KLX kan motor trail, satu silinder, sama-sama 250 CC udah gitu juga buatan Thailand, jadi MM berasumsi KLX harganya bisa lebih murah, tapi kenyataannya adalah harga KLX 250 saat ini adalah 59.200.000 atau beda 9 juta Rupiah sama Ninja 250, D-Tracker malah 59.600.000. Kalau MM analisa sih ya, harga mahal ini disebabkan karena perbedaan part untuk menopang kinerja sepeda motor masing-masing. MM gak bilang kualitas part Ninja 250 lebih inferior dibanding KLX ya, tapi jika masbro lihat dengan kasat mata hal mencolok pertama adalah penggunaan suspensi. Masbro lihat aja tuh, Suspensi depan KLX250 menggunakan upside down yang panjang dan diameternya lumayan guede, dan MM yakin suspensi belakangnya juga lebih kejal daripada motor-motor standar. Terus ada kemungkinan juga part-part yang dicangkokin di dalem jeroan mesinnya juga part-part yang kualitas mendekati part Special Engine, soalnya  motor kayak gini kan penggunaannya bervariasi, harus bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi jalan, mulus hayok, ancur-ancuran juga hayok!

Tapi ini semua hanya analisa MM aja masbro, soalnya kalau MM cek harga-harga limbah suspensi depan motor trail, harganya lebih edun euy dari harga upside down motor sport. Terakhir, tiap sepeda motor itu dibuat untuk tujuannya masing-masing masbro. Ya kalau Ninja 250 ngapain juga pakai Upside down kayak KLX gitu? Mau nungging sambil offroad :mrgreen: ? Mungkin masbro ada yang mau nambahin?

30 COMMENTS

  1. Ganjalan dlm fikiran ane akhirnya diulas jg.. Ane mikir lma jg g kejawab ne..hehe bkin mesin 2 silinder jg bnyk biaya bos yg tersemat di ninja… Bahan bkin body jg lbh bnyk, ECU n kelistrikan jg lbh rumit.. Krg pas saja kyknya klo hnya nambah USD hrganya sampe sgtunya.. Mnurut ane msh overprice.. Scra teknologi kyknya ninja fi jg tidak lebih inferior kn..

  2. Membandingkannya mungkin dengan sesama kelasnya. Misalnya KLX dg CRF dan KTM, baru kelihatan perbandingan dan murahnya KLX hehehehe.
    Setiap jenis motor punya pricing yang berbeda. Selain component perlu dilihat supply and demand. APalagi kalau sudah hobby bike, harganya ga mengikuti logika pasar.

  3. Lha potensi jumlah mass productionnya ga dihitung bro?! Motor dengan mass pro yang banyak ( ninja 250 ) tentu juga jatuhnya ongkos produksi jadi lebih murah juga to…

  4. Dulu ane pernah langganan Tabloid R2 2008 (Msh ad dilemari) disana dibahas first impressionnya KLX 250 yg langsung didatangkan dr negri sakura alias Made In Japan?!?Mahal krn chassis smpe Arm trbuat dr Alumunium&komponen2 yg ‘endurance’ 🙂

  5. Dan pastinya kalo djalan pke klx/dtracker 250 bkal lbih dilirik dilampu mere.. Gileee seremmm bner dnger suara knalpotnya like a monster…

  6. Untuk motor jenis 2 alam (road & off road) harga segitu msh wajar, bila dibandingkan dgn pabrikan tetangga dgn tipe yg sejenis harganya msh diatas Dtracker X. Apalagi status kendaraannya udah OnTheRoad, coba aja bandingkan dgn Kawasaki KX250F yg harga off the road nya aja udah diatas 80jt, pdhl kubikasi mesin sama. Mungkin bagi para bikers yg pernah berkecimpung di dunia GTX/ Grasstrack lebih mengerti, knp harga KLX 250/ Dtracker X lebih mahal drpd Ninja 250 R
    Kalau kata orang sunda “harga mah moal ngabobodo”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here