Ban Gambot, Tidak Selamanya Indah

28

Image

Mas bro semua, kali ini MM mau sharing mengenai ukuran ban. Kebetulan MM juga pernah punya pengalaman dalam menggunakan ban sepeda motor yang ukurannya jauh dari standar. Tapi jauh dari standar itu maksudnya jauh lebih lebar dan gambot bro, bukan kurus kayak ban cacing anak alay. Oke deh, lanjuuuttt.

Image

Untuk informasi awal, Thunder 250 itu standarnya menggunakan Ban 120/80-17, nah akibat keracunan, sejak 2 tahun yang lalu, MM mengupgrade ukurannya menjadi 150/60-17 (swing arm Thunder 250 sanggup sampe ban 160). Otomatis penggantian ban segede gini juga harus diikutin sama penggantian pelek. Walhasil pelek standar Thunder 250 yang lebarnya 2,5 inch dan mereknya RK Excel Japan Asli itu dilungsurin dan diganti dengan pelek taiwan TK Racing ukuran 4,25 inch.

Image

Wow, secara tampilan, emang Thunder 250 MM terlihat lebih padat, semok, dan berisi, intinya seksi banget deh. Tapi gak taunya, hal ini cukup ngaruh ke performanya. Tarikan awal berasa agak berat mas bro. Udah gitu dengan ban segede gini tapi berat motor yang hanya 130kg, membuat kinerja suspensi standar jadi gak maksimal. Motor berasa jadi kayak gerobak jika melewati jalan rusak, karena keras.

Image
yang paling kanan, montok yah

Akhirnya MM mutusin buat ganti lagi ke pelek standarnya, hasilnya? Ternyata emang tarikannya lebih enteng, dan empuk. Tapi emang sayang banget sih, jadi keliatan kurus dan cungkring. MM jadi punya kesimpulan, sebenernya pabrikan itu udah memperhitungkan segalanya, termasuk ukuran ban, dll, yang intinya terbaik buat motor. Namun, apabila mas bro masih ada niat mau gedein ban, saran MM pribadi sih mending naekin satu step aja. Performa masih mumpuni, tenaga juga gak ketahan.

Biar begitu, anak-anak Ninja yang bannya udah guede-guede motornya tetep kuenceng aja tuh ya. Mungkin mesinnya juga udah ada perombakan kali, hehe. Ya kalau itu sih gak masalah. Oke deh, semoga membantu ya bro.

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

28 COMMENTS

  1. klo ane seneng ukuran standart mas bro. Cari yg lbh bagus (merk diatas bawaan pabrik+compund yg lbh lunak). Maklum, seneng karakter sprint..

  2. …kayenye sih ukuran belakang cukup di 130/70 udah cantik masbro… maksimal 140/60 laah kayak susy-nya mang jojo yang buahenol… hehe 😀

  3. kualitas ban juga pengaruh loh, motor ane yg standarnya ukuran 100, pake battlax 130 tetep maknyos tuh tarikan, mungkin ada hrg ada rupa kali ye, rencana sih mau nyoba michelin, hrg lebih terjangkau…:)

  4. tolong kalau ada yang tau, saya mau ganti velg belakang thunder 250 dr 17 menjadi 18 dengan tromol standar. panjang ruji yang dibutihkan ukuran berapa ya. trm kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here