Tips Touring Dari Newbie Untuk Newbie

13

Image

Mas bro semuanya, sebagai penghobi touring MM mau ngasih tips-tips seputar lika-liku touring. MM sadar banget, bahwa diluar sana ada banyaaak banget biker –biker yang jam terbang touringnya lebih tinggi daripada MM. Apalagi yang tergabung dalam komunitas atau club yang emang ada agenda touring tiap bulannya, lah kalo MM setahun paling 2-3 kali touring. Udah gitu MM touring juga dengan kelompok kecil bekisar 4-5 orang, dan itupun teman-teman kuliah. Nah oleh karena itu sekarang MM mau berbagi tips-tips touring buat newbie dari newbie, hehe.

Tips 1 : Buat Rider

Kalo touring dengan rombongin kecil dan jam terbangnya sama semua, yang perlu diperhatikan adalah formasi, kalo ada rombongan yang personilnya agak agak linglung suka buta arah gitu, yang begini jangan coba-coba ditaro paling depan, yang ada nanti kita disasarin, udah gitu kalo ketemu persimpangan dia pasti berhenti dan ngegalau pilih jalan yang mana. Kalo touring, MM sih bebas-bebas aja siapa yang mau di depan (asal jangan orang kayak yang MM tulis di atas), tapi akan lebih baik road captain itu orang yang udah mempelajari treknya, udah mempelajari peta, akan lebih enak lagi kalo emang udah pake GPS. Terus ridernya akan lebih baik kalo pake safety gear yang lengkap. Oia, jaket buat touring agak beda buat harian mas bro, kalo buat harian kan biasanya kan perfect fit, nah kalo buat touring biasanya loose fit, soalnya kadang buat riding ditempat yang suhunya agak dingin, kita masih bisa manggunakan kaos lengan pajang hangat di dalam jaket.

Tips 2 : Buat Motor

Image

Kalo buat motor, ya standar ajalah. Oli diganti, ban dicek, tekanan angin di cek, rem dicek, lampu-lampu dicek. Sebenernya akan lebih baik apabila motor yang kita pake touring itu kondisinya standaran aja mas bro. Atau kalo modif ya modif-modif ringan aja jangan yang ekstrim-ekstrim.

Tips 3 : Bawaan

Bawaan yang penting itu kunci-kunci, pakaian ganti yang digulung (jangan dilipat, nanti makan tempat), surat-surat motor, karet ban dalem, air minum, dan jas ujan. Oia kalo bisa sedian tempat buat kabel kopling, ini rada vital mas bro, kalo putus berabe juga kalo bawa motor kopling pindah giginya gak mencet kopling. MM rasa itu aja sih kalo kebanyakan juga bingung naronya dimana.

Tips 4 : Buat Perjalanan

Image

Ini yang juga penting, diperjalanan kita harus tahu tempat dan waktu buat istirahat. Biasanya sih tempat istirahat yang paling digemari sama bikers ya di hotel pertamina alias SPBU, hehe, atau Masjid juga bisa jadi tempat istirahat, malah bisa ditambah ibadah (bagi yang Muslim). Tetapi kalo mungkin ada temen atau sodara yang berdomisi di sekitar tempat yang bakal kita lintasi gak ada salahnya buat mampir dan silahturahim. Riding juga kalo bisa maksimal banget 4 jam terus kudu rehat, ini yang jadi masalah terkadang, karena belagu dan pengen show off jadinya maksain riding sampe 6 jam non-stop.

Tips 5 : Apabila Mendapatkan Masalah

Masalah yang sering ditemuin pas touring adalah motor mogok atau ban bocor. Kalo buat yang mogok, saran MM salah satu personil yang motornya sehat bergegas deh buat nyari bengkel terdekat. Intinya tetap tenang aja, terus kalo udah nemuin bengkel, langsung pake cara unik ala indonesia yaitu di “stut”, terus kalo ban bocor, nah kalo ini tergantung, kalo bannya tubeless gak terlalu masalah, soalnya gak langsung kempes. Tapi kalo pake ban dalem, lagi-lagi rombongan yang bannya gak kempes nyari tukang tambel ban, kalo deket tinggal dorong, kalo jauh kudu bongkar ban ditempat, terus bannya dibawa aja ke tukang tambel ban yang jauh itu.

MM rasa itu dulu deh, nanti kalo ada yang kurang bakal MM sisipin di artikel touring berikutnya.

13 COMMENTS

  1. Pengalaman ane yg sering pulang k Sumatra barat, perhatikan kapasitas tangki bensin, ada beberapa jalur yg sampai 150km lebih ga ada spbu, yg ada cuma pertamini, yg seliter premiumnya bisa sampai 10rebu

    • Makasih mas bro, biar ccnya paling gede, tapi jumlah rodanya, tetep sama kok bro, hehe..

      Itu bebej merah honda revo bro, tipe yang paling ekonomis, peleknya aja jari-jari dan rem depannya masih tromol. Kayak di jkt gak dijual deh, itu temen saya belinya di jatim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here