Mau Mogenya Laku? Produksinya Kudu Di Asean Atau sekalian Di Indonesia!

19

Image

Bro dan Sis semua, 2 Tahun ini bisa dikatakan sebagai tahun kebangkitan moge di tanah air (MM gak ngomongin Ducati atau HD ya, soalnya brand ini mah emang udeh dari dulu adanya moge doang). Dimulai dari Kawasaki yang serius masarin ZX6-R kemudian disusul sama ER6 series, sampe Z800, dan terakhir Ninja 1000SX. Kemudian akhirnya Yamaha juga latah pengen terjun ke segmen yang super segmented ini. Sebenernya Suzuki juga udah nyemplung, tapi ya gitu, Cuma jual kalo ada yang pesen.

Terus, sebenernya poin apa sih yang harus diperhatiin kalau pengen jualan moge? Menurut MM poin yang paling penting jika emang mau fokus main moge ya kelola deh yang bener strategy pricingnya. MM melihat bagaimana larisnya ER6 series dan Z800 sedikit banyak dipengaruhi sama harganya yang kompetitif selain juga emang desainnya yang keren IMO. Untuk harga yang kompetitif ini mau gak mau ATPM kudu ngimpor dari negara Asean atau bahkan bikin di Indonesia (ada perjanjian AFTA).

Mau Masukin ini motor (Yamaha MT-07)? Di mana dulu produksinya?

Image

Sebenernya Suzuki juga jualan Gladius 650, cuma ogah-ogahan

Image

Yang kedua, sebenernya pricing strategy ini juga bisa maksimal apabila ATPM ngeluarin motor gede yang Ccnya gak lebih dari 500CC. Loh emang apa bedanya sama yang 600CC atau bahkan lebih? Beda mas bro, di Klausul PPNBM yang dibuat pemerintah, motor dengan cc lebih dari 250 dan maksimal 500 terkena pajak ppnbm sebesar 60%. Hal ini jelas beda dengan ppnbm yang  dikenakan terhadap motor 500cc keatas yang dikenakan pajak sebesar 75%.

Ini yang MM maksud, CB500F

Image

Saran MM buat manajerial ATPM yang pengen serius main moge (setahun bisa ngejual lebih dari 1000 unit) sisipin deh satu line up motor gede yang kubikasinya 500 cc dan dirakit di Asean. Terutama buat Honda, kan udah ada tuh CB 500 series. Kalo udah begini pasti jalanan di indonesia bakal makin rame sama motor-motor besar.

Oke deh, kita lihat aja kedepannya sepak terjang ATPM-ATPM yang sekarang/baru mau main moge. Monggo diemut-emut dulu mas bro infonya.

Tambahan : monggo di klik link buat info PPNBM nya mas bro

http://www.tarif.depkeu.go.id/Bidang/?bid=pajak&cat=ppn

 

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]

19 COMMENTS

  1. nganu,
    300 cc 3 cyl @ 100 cc otr di Rp. 72 Jt,
    390 cc 3 cyl @ 130 cc otr di Rp. 78 Jt
    dan 400 cc 4 cyl @ 100 cc otr di Rp 85 jt. seperti pada cb super four 400
    Merk japs yg buat kayanya bakal laris

    kalau non Jap. masing2 kelas pricelist turunin 7-10 jt aja dah.
    anyone?
    benelli, viar, gaz gaz?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here