Dapatkah Yamaha 250 Menggempur Sang Ninja?

12

Image

Mas bro sekalian, perhari ini hari kamis tanggal 20 november 2013, Yamaha jepang secara resmi merilis penampakan sebuah motor sport 250 cc bentuknya masih dibuat mirip dengan motor prototype moto GP yaitu  YZR-M1. Memang MM belom melihat ataupun mengetahui spek resmi dari motor ini, tapi MM mau coba bahas, apabila memang nanti motor ini dibuat mirip dengan Yamaha R6, apakah itu sudah cukup untuk menggempur dominasi sang Ninja?.

Image

Ninja 250 tampil dengan sangat dominan di Indonesia sejak tahun 2008, dengan sebelumnya sudah diperkuat dengan succesornya yang juga masih bertahan hingga kini yaitu ninja 150 RR dan ninja 150 R/L/M. Selain itu ninja 250 juga diperkuat (brand imagenya) dengan kehadiran ninja 650, zx6. Zx636, dan ninja 1000, belum lagi apabila Kawasaki juga ngeluarin ZX10R, lama kelamaan, “Ninja” itu sendiri menjadi  semua merek motor, jadi orang lebih tahu ninja daripada Kawasaki yang merupakan main brand motor itu sendiri.

Image

Kemudian target pasar, siapakah target pasar Yamaha 250 ini? apakah pengguna ninja? MM rasa tidak, karena pengguna ninja hanya ingin “naik kelas” ke sepeda motor dengan cc yang lebih besar atau jumlah silinder lebih besar. Jadi kemungkinan potential buyer dari Yamaha 250 adalah orang yang memang mau menambah koleksi motornya atau rider yang memang fanatik dengan Yamaha (fans boy).

Image

Tapi yang menarik di sini adalah motor yang launching ini adalah motor yang benar-benar baru, mesin baru, sasis baru, fresh, tidak seperti ninja 250 yang mesinnya sudah lama ada dan dilakukan refreshment, jadi mungkin mesin Yamaha ini memiliki berbagai macam keunggulan, belum lagi ditambah dengan sumber daya yang dimiliki oleh Yamaha, pasti strategy yang akan dilakukan untuk memasarkan sepeda motor ini tidak akan menghadapi banyak kendala. Oke deh, ini sih Cuma analisis ngasal MM aja, kita lihat aja nanti gimana sepak terjangnya.

12 COMMENTS

  1. Bisa ya bisa gak…
    Sekitar 75% pemakai Ninja 250 itu ay cukup yakin, gak semuanya mampu naik kelas walau kepengen…termasuk ay…pengen naek kelas tapi ya entah kapan, kan harus disesuaikan dengan kemampuan..
    Jadi ada kemungkinan besar, pengguna 250cc itu akan muter muter di Yamaha atau Kawasaki 250…mana yang paling baru dan ada keunggulan ya pindah lagi sambil liat liat sikon (duit) utk kemungkinan naik kelas hehhe

  2. numpang komen bro…..
    nyebut R25 harus lengkap om…biar gak salah persepsi..

    1. Yamaha R25 … yg mau launch… or
    2. BMW R25 made in th 50an (1 cyl)….. imho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here